Cara Mengatasi “gnome-screenshot” (No such file or directory) di CentOS 6

Cara Mengatasi Error “gnome-screenshot” (No such file or directory)

Gnome Dekstop didalam CentOS 6 mempunyai feature PftSc SysRq / Prnt Scrn yang terinstall secara default jika kita menginstall Gnome Dekstop CentOS 6, feature ini sangat membantu saya dalam melakukan Print Screen untuk kebutuhan data grafis penunjang dalam pembuatan artikel.

Jika buat teman – teman yang belum tahu cara melakukan Print Screen, teman – teman bisa tekan tombol PftSc SysRq / Prnt Scrn pada keyboard (dilaptop biasanya ada di sebelah kanan tombol F12).

Jika kita install gnome dekstop versi full maka tidak akan ada masalah dan akan muncul popup box “Save Screenshoot”, Namun apabila gnome desktop yang terinstall belum lengkap data penunjangnya maka akan muncul di popup box error “gnome-screenshot” (No such file or directory).

Nah kalau anda menemukan kendala ini maka lakukan langkah dibawah ini ! :

Buka Console/Terminal CentOS Gnome anda :

1. Masuk Root Melalui Terminal

$ su

2. Install Gnome Utils dengan menggunakan User root

Cara Mengatasi "gnome-screenshot" (No such file or directory) di CentOS 6

# yum install gnome-utils -y

setelah installasi gnome-utils selesai maka tekan tombol PftSc SysRq / Prnt Scrn pada keyboard (dilaptop biasanya ada di sebelah kanan tombol F12).

Semoga Artikel ini Bisa Membantu, Salam OpenSource…

Tips Cegah Gadget Kamu Mati saat Beraktivitas

Tekinfom.com – Apa yang dapat anda kerjakan kala menjumpai daya baterai smartphone Android atau iPhone anda sudah lemah?

Mungkin saja anda alami peristiwa ini sehari-hari, dimana anda tidak dapat temukan stop kontak untuk isi baterai smartphone atau tengah di jalan hingga smartphone perlahan-lahan akan ‘mati’.

Baterai Android

Untuk menyiapkan diri hadapi hal itu, ada lima langkah bagaimana mengoptimalkan serta pemecahan cepat untuk membuat hp Android serta iPhone anda terus menyala. 

1. Mati serta Nyalakan Kembali Piranti

Cara Restart Smartphone Android

Satu hal bilamana smartphone atau piranti mobile anda mati lantaran dipakai sepanjang hari tanpa ada henti. Bila anda lihat tanda baterai turun 5 atau 10 % cuma dalam hitungan menit, itu berarti ada suatu hal yang perlu dicurigai.

Besar kemungkinan hal semacam ini berlangsung lantaran satu diantara aplikasi atau fungsi-fungsi di piranti (Android serta iOS) menyedot habis daya baterai. 

Satu diantara langkah paling baik untuk menangani hal semacam ini yaitu lakukan hard reboot. Dengan langkah tersebut, piranti anda ‘dipaksa’ menyudahi fungsinya serta me-restart.

Untuk piranti iOS (iPhone serta iPad) bisa memakai gabungan tombol dengan menekan serta menahan tombol power dengan tombol home sampai logo Apple nampak.

Sementara pada piranti Android, ada cara-cara untuk lakukan hard reboot. Untuk umumnya piranti Android, anda dapat tekan gabungan tombol power serta volume down. 

Langkah yang lain, anda dapat melepas baterai smartphone bila benar-benar sangat mungkin.

2. Mencari Aplikasi yang Mengkonsumsi Daya Baterai

Aplikasi Penyebab Boros Baterai Smartphone
 

Daya baterai anda masih tetap punya masalah sehabis hard reboot? Bila ya, sebaiknya anda ‘selidiki’ aplikasi apa yang menyedot baterai lebih besar dari semestinya.

Untuk piranti Android, anda dapat tap Settings Batterai, gulir ke bawah serta lihat aplikasi apa sajakah yang konsumsi baterai terbesar. Tap aplikasi itu serta pilih Force Stop. 

Di iOS, anda dapat akses menu Settings Batterai untuk mengidentifikasi aplikasi apa sajakah yang menyedot baterai.

Bila melihat ada aplikasi yang menyedot daya baterai, anda dapat matikan aplikasi dengan menekan tombol home 2 x serta gulir ‘kartu’ aplikasi ke atas buat menutupnya.

Langkah lain, anda dapat ‘memutus’ semua aktivitas aplikasi dengan mengaksesnya di Settings General Background App Refresh serta matikan aplikasi yang anda rasa butuh. 

3. Aktifkan Airplane Mode

Airplane Mode Pada Smartphone

Penyebabnya lain mengapa tanda baterai ‘terjun bebas’ yaitu lantaran anda tengah ada di area service seluler yang buruk. Sekarang ini terjadi, hp anda akan berupaya terus-terusan untuk terkoneksi dengan penyedia selular.

Bila di rasa tengah ada di tempat dengan jaringan selular yang jelek, sebaiknya anda menyalakan Airplane Model. 

Untuk piranti iOS, anda dapat buka menu Settings, serta aktifkan Airplane Model, atau swipe layar hp ke atas untuk menimbulkan jendela Control Center serta tekan tombol Airplane Model. 

Untuk piranti Android, anda dapat swipe layar ke bawah untuk memunculkan layar Quick Settings serta tentukan tombol Airplane Model. 

Sekadar info, anda masih tetap dapat memakai WiFi walaupun pun Airplane Model telah dinyalakan.

4. Aktifkan Modus Batterai saver

Aktifkan Modus Batterai saver

Baik baterai iOS serta Android dapat bertahan lebih lama bila anda aktifkan modus batterai saver ini. 

Sementara modus ini menyala, layar hp akan secara automatis diatur lebih redup serta menonaktifkan sebagian feature atau aplikasi yang berjalan di background.

Modus ini cukup bermanfaat waktu anda menghadapi kondisi tengah di jalan tidak ada power bank atau membawa unit charger hp.

5. Beli Power Bank

Power bank Smartphone

Buat anda yang kerap pergi tentunya tidak akan senantiasa temukan stop kontak untuk dipakai.

Sekarang ini banyak pabrikan power bank yang bisa anda pilih, baik dari sisi bentuk yang unik sampai s/d kemampuan baterai yang di tawarkan.

Sebaiknya untuk membeli kapasitas power bank yang besar. Dengan kemampuan besar, power bank milikmu juga bisa bikin piranti Android atau iOS tetaplah menyala sampai sepanjang hari atau hingga temukan stop kontak.

Strategi Pemasaran Online Pemula

Memulai Pemasaran Online Tidak Wajib Mempunyai Website Sendiri 

Strategi Pemasaran Online Pemula

Banyak yang beranggapan bahwa bisnis online identik dengan Online Shop dan Website, banyak orang yg terkecoh secara teknis tentang memulai bisnis online melalui internet dengan strategi pemasaran online yang seperti ini. Lantas strategi apa yg harus dilakukan, pasti terbesit didalam pikiran kita Online Shop dan Website adalah Portal Online shop yang harus kita buat untuk bisa kita berjualan online !, jika iya didalam pikiran anda mengira untuk bisa jualan online kita harus membuat website dengan mengeluar modal yang tidak sedikit maka anda berada di dalam jalur pemikiran & strategi pemasaran online anda sudah salah diawal.

Strategi Pemasaran Online Pemula

Lantas kenapa banyak artikel yg beredar di internet menuntun kita pada strategi pemasaran online untuk membangun sebuah website sendiri, jawabannya artikel tersebut adalah strategi pemasaran online tersebut di tujukan untuk pengusaha / pedagang online yang memang punya budget untuk bisa membuat website sendiri. Tetapi buat sebagian orang yg memang tidak mempunyai budget lebih alias pas-pasan maka langkah jitu yg harus kita lakukan adalah dengan melakukan strategi ini :

1. Daftar Ke Situs Jual beli Nasional

Situs Jual beli Nasional

Di indonesia daftar situs jual beli nasional yg sudah terpercaya sudah banyak. sebagai pemain online pemula langkah pertama yg harus kita lakukan dalam strategi pemasaran _online pemula adalah mendaftarkan diri sebagai penjual di situs jual beli nasional tersebut. Mengapa harus memulai strategi pemasaran dengan situs jual beli dalam memulai langkah strategi pemasaran online pada produk kita. Hal ini dikarenakan situs jual beli nasional mempunyai banyak keunggulan dan kelebihan jika dibandingkan dengan langkah kita membuat website jual beli sendiri.

Kelebihan Strategi Pemasaran dgn Portal Jual Beli Nasional :

  • Portal Jual Beli Nasional sudah mempunyai sistem penjualan, pengiklanan didalamnya. Dengan adanya sistem penjualan dan pengiklanan ini anda pasti sangat di untungkan dengan feature ini karna dengan feature penjualan dan pengiklanan ini anda tidak direpotkan untuk membuat sistem penjualan dan pengiklanan sendiri.
  • Konsumen yang mencari produk dan jasa didalamnya memang ada niat dengan untuk membeli produk dan jasa yang di carinya di dalam situs portal jual beli nasional.
  • Kepercayaan konsumen terhadap situs portal jual beli Nasional sangat tinggi, hal ini sangat menguntungkan bagi penjual dikarenakan tidak butuh terlalu banyak usaha untuk menarik kepercayaan pembeli.
  • Transaksi dengan menggunakan situs portal jual beli nasional sangat aman karena menggunakan bank bersama.

Dengan mengamati 4 poin mendasar diatas, kita bisa membuat strategi pemasaran produk kita dengan memanfaatkan portal jual beli nasional. Dan pastikan Strategi Pemasaran kita tidak tertinggal dengan Strategi Pemasaran kompetitor anda di portal jual beli tersebut. selain 4 poin diatas masih ada beberapa poin lagi yg sangat menguntungkan anda sebagai penjual produk atau jasa yang anda tawarkan terhadap pembeli, untuk lebih lengkapnya bisa membaca update artikel saya selanjutnya mengenai ” Kelebihan dan Kekurangan Jualan di Marketplace “.  

Berikut link beberapa “Situs Portal Jual Beli Nasional” di Indonesia :

  1. tokopedia
  2. shopee
  3. bukalapak
  4. elevenia

Beberapa link portal jual beli nasional diatas semoga bisa membantu anda menemukan strategi pemasaran & target pasar dan konsumen tertarget terhadap produk dan jasa yg akan Jual.

2. Buat Sosial Media 

Sosial Media

Langkah selanjutnya ketika kita sudah membuat akun di portal jual beli nasional, langkah & strategi pemasaran selanjutnya yg harus dilakukan adalah dengan membuat akun produk atau jasa yang anda tawarkan dengan memanfaatkan sosial media. Akun sosial media adalah strategi pemasaran untuk melakukan transaksi jual beli berikutnya dan juga dianggap efektif adalah Instagram, Facebook dan Twitter. Dengan melakukan strategi pemasaran / teknik penjualan yang tertarget disosial media memang 100% akan membuahkan penjualan yang lebih cepat jika dibandingkan melalui portal jual beli nasional.

Maka secepatnya kita membuat akun produk yg akan ditawarkan dengan memanfaatkan sosial media. Point strategi pemasaran disini adalah “Penjualan produk dan jasa dengan menggunakan sosial media” Membutuhkan Keahlian Khusus yg lebih spesifik lagi. keahlian apa yg harus dimiliki dalam melakukan penjualan online melalui sosial media, Tunggu Artikel Saya berikutnya :

Artikel Referensi :

  1. Cara Jualan Online di Instagram
  2. Cara Jualan Online di Facebook

Sebagai kesimpulan dalam artikel ” Strategi Pemasaran Online Pemula “ ini, untuk memulai bisnis online yg sesungguhnya mempunyai banyak strategi pemasaran baik dengan strategi pemasaran yg akan mengeluarkan banyak biaya atau dengan strategi pemasaran yang mengeluarkan minin biaya, atau bahkan strategi pemasaran gratis. semua strategi pemasaran yg dilakukan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Terus mencoba dengan memanfaatkan informasi yg sudah didapatkan, terus berusaha menemukan pasar sendiri.

Strategi StartUp SEO Fresh Domain

Optimasi SEO Dengan Fresh Domain

Strategi SEO UntukFresh Domain

Dalam SEO ada beberapa teknik yang dapat membuat website/blog kita layak ditampilkan di halaman satu google, dan hal ini pastinya jika blog atau website yang anda kelola mempunyai beberapa syarat yang wajib terpenuhi didalamnya.

Umumnya secara teknis untuk bisa tampil dihalaman satu google kita harus mempunyai reputasi website yang baik, dan hal itu biasanya bisa terlihat dari Domain Autority dan Page Autority yang tinggi, akan tetapi ini hanya berlaku dengan domain yang mempunyai usia yang cukup tua, apa itu domain yang cukup tua ?, yaitu sebuah domain dengan umur registrasi minimal 3 tahun, dan didukung oleh backlink yang bagus secara Trust Flow.

Faktanya jika kita mempunyai website yang fresh dalam artian kita baru membuat domain baru, apa yang harus kita lakukan untuk bisa dapat berkompetisi dengan domain yang mempunyai DA & PA lebih tinggi dari website kita.

Strategi SEM SEO

Jawaban dari pertanyaan ini adalah dengan mengandalkan SEM (Search Engine Marketing) kita bisa melalui jalur promosi secara berkala, dengan target yang lebih spesifik untuk bisa mendapatkan pembaca yang prospek.

Untuk lebih jelasnya mengenai teknik implementasi SEM (Search Engine Marketing) ini akan saya bahas pada Panduan SEM (Search Engine Marketing) saya berikutnya, karna didalam artikel ini saya akan membahas beberapa poin startup penting implementasi SEO untuk domain fresh.

Ada Tiga poin yang biasa dilakukan para webmaster dalam memulai cara SEO-nya.

1. Ciptakan Konten yg berkualitas

Kontent SEO Berkualitas

Tak bisa dipungkiri bahwa konten yang berkualitas disini adalah konten yang bermanfaat bagi pembaca, jadi sebisa mungkin anda membuat konten yang menarik dan bermanfaat untuk pembaca yang akan anda bidik, secara teknis jika anda menggunakan website atau blog anda untuk berjualan produk, pastikan anda menguasai teknik bahasa internet marketing, karna untuk pemasaran via online hampir rata-rata kita harus bisa mengemas produk kita secara lebih baik dan lengkap, bukan hanya konten tulisan, tapi juga harus bisa memaksimalkan konten gambar dan video agar calon pelanggan kita tertarik dan akhirnya closing di website yang kita buat.

Dalam hal kualitas konten google mempunyai beberapa acuan atau poin untuk menilai artikel yang kita buat berkualitas atau tidak,  diantaranya konten harus lulus 100% dari Copyscape dan mempunyai waktu baca yang cukup lama.

2. Themes Responsive, Fast dan Support SEO

Themes Responsive SEO Struktur

Ketika konten yang kita buat selesai dan terkonsep secara data dan tujuan dibuatnya konten itu sendiri, maka langkah selanjutnya adalah kita membicarakan tentang struktur website yang akan kita pakai dan pilih untuk kita gunakan sebagai website kita, ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan dalam memilih themes atau website yang anda akan gunakan, yaitu themes harus bersifat responsive, themes harus mempunyai waktu loading yang cepat atau fast, themes harus mendukung SEO secara powerfull, karna tidak bisa di pungkiri bahwa algoritma google sendiri lebih suka dengan themes yang responsive, fast dan SEO Friendly.

3. Building Internal dan Eksternal Backlink

Building Backlink SEO

Faktor yang ketiga untuk bisa membuat website kita tampil dihalaman satu google adalah backlink, karna popularitas website di ukur dari banyaknya backlink yang mensuport website anda, jadi mulailah dengan membuilding backlink secara perlahan dan tidak terlalu agresif, jika anda ingin memenangkan kompetisi jangka panjang di google, untuk trik dan teknik cara building backlink yang benar anda bisa baca artikel saya selanjutnya.

Sekian artikel saya tentang bagaiman cara StartUp Website yang Fresh. Terima kasih.

Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adwords

Tekinfom.com – Dalam membangun sebuah blog yang baik, langkah awal yg harus dilakukan adalah memilih kata kunci yg baik & banyak dicari, kenapa harus memilih kata kunci yg banyak dicari jawababnnya tentu saja hal ini dikarenakan supaya banyak pengunjung mampir di web / blog kita.

Cara untuk memilih kata kunci yg dicari, langkah yg harus kita lakukan adalah melakukan riset kata kunci menggunakan Google Adwords, cara tersebut bertujuan agar kata kunci yang kita riset ini bisa kita dibuat sebagai bahan untuk membuat artikel yg akan kita sajikan ke pembaca, tentunya sebelum kita melakukan riset kata kunci alangkah baiknya, jika anda bisa memilih topik yg disukai agar artikel yg akan dibuat nanti, bisa disajikan dengan maksimal karna anda menguasai topik yg pilih.

Riset Niche Menggunakan Google Adwords

Oke Langsung pada implementasi “Cara Melakukan Riset Keryword Dengan Google Adwords”, dengan toolsnya Google Keyword Planner, menjadi patokan awal untuk melakukan riset keyword.

Cara Riset Niche Keyword dengan Google Keyword Planner

Cara Riset Niche Keyword Google Adwords menggunakan tools Google Planner merupakan salah satu cara teknik dasar SEO yang sangat penting untuk optimasi page halaman artikel kita supaya bisa mejeng di halaman 1 google atau pagewan istilah kerennya.

Faktanya Banyak Master SEO menggunakan Google Adwords hanya untuk memanfaatkan Tools Google Planner sebagai acuan untuk mendapatkan Niche Keyword yang di target. Dan cara tersebut benar-benar ampuh.

Bagi anda yg ingin fokus mencari trafik setinggi – tinggi nya tidak ada langkah / cara awal SEO yang baik kecuali dengan memanfaat kan Tools Google Adwords sebagai riset kata kunci terlebih daluhu. Dengan melakukan riset kata kunci dengan baik & optimal maka web / blog yg kita akan building pastinya tidak akan kekurangan trafik setiap harinya.

Riset Niche Keyword Google Adwords

Dan jika kita malas untuk melakukan riset kata-kunci melalui Google Adwords terlebih dahulu, maka sudah dipastikan artikel yg dibuat akan sangat sepi pengunjung dikarenakan niche keyword yang anda bidik tidak sesuai, jadi jika kita ingin fokus dengan trafik website maka tidak ada salahnya terlebih dahulu kita melakukan riset. riset kata-kunci disini intinya memberikan gambaran untuk kita tentang kata kunci yg sering di cari oleh pembaca di search engine google.

Sebagai Catatan tambahan bahwa artikel dan kata kunci yg masih satu Niche sangat disukai oleh google, karna sebab itulah banyak master seo saat ini berlomba- lomba membuat artikel yg satu Niche antara satu artikel dengan artikel lainnya.

Implementasi riset keyword bisa kita gunakan di blog kita, sebagai contoh apabila blog kita membahas tentang komputer, maka kata kunci apa yg sering di cari oleh google?,  Apakah “cara install komputer” atau “Cara merakit komputer” atau “Kursus Cara merakit komputer”. atau yg lain-lainnya, kata kunci yg sering di cari google tentang komputer pasti akan terlihat di “google planner”.

Sampai sini saya berharap anda sudah paham apa kenapa riset keyword itu sangat penting.

Sebelum kita bahas tentang riset keyword lebih dalam lagi, alangkah baiknya jika kita kenal lebih dahulu jenis & macam Kata-Kunci:

  1. Shot Tail Keyword
  2. Long Tail Keyword
  3. Keyword Sepanjang Masa
  4. Keyword Musiman
Empat jenis kata-kunci diatas adalah beberapa jenis yg sering saya jumpai, sebetulnya masih banyak jenis yg lain, tetapi 4 macam jenis kata-kunci ini sudah cukup untuk kita pelajari lebih dalam dan fokus.

1. Short Tail Keyword

Short Tail Keyword pada umumnya jenis ini hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Jenis seperti ini biasanya mempunyai persaingan yg sangat tinggi dan sangat sulit untuk bisa membidik keyword ini kalau Skil SEO yg Pas-pasan. Contohnya Short Tail sbb:
  • Komputer
  • Belajar Komputer
  • Merakit Komputer
  • Komputer Terbaru

 

2. Long Tail Keyword

Long Tail Keyword merupakan keyword versi panjang, dan untuk jenis ini sangat di rekomendasikan untuk anda yg masih pemula & baru belajar SEO, karna dengan jenis ini tingkat persaingan cukup rendah & pastinya jumlah trafik pengunjung untuk keyword ini relatif sedikit dan tidak sebanyak Shor tail. Contoh Long Tail Sbb:
  • Daftar Harga Komputer Samsung 2016
  • Komputer Samsung Terbaik Tahun Ini
  • dll.

 

3. Keyword Sepanjang Masa

Keyword Sepanjang Masa kenapa dinamakan begitu ?, karna keyword ini banyak dicari di mesin pencari karna kebutuhan akan pencaharian terhadap keyword ini akan selalu ada sepanjang masa, Contoh Keyword Sepanjang Masa Sbb :
  • Cara Mengobati Sakit Gigi
  • Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah
  • Cara Mengobati Panas Pada Anak

 

4. Keyword Musiman

Keyword Musiman adalah yg dicari pada saat ada momen khusus atau momen spesial, Contoh dari Keyword Musiman Sbb:
  • BBM Ucapan Selamat Tahun Baru
  • Hasil Pertandingan Barcelona VS Juventus
  • dll
Setelah anda mempelajari jenis & macam Kata Kunci yg sering digunakan, maka langkah selanjutnya adalah Bagaimana cara melakukan Kata Kunci yg sesuai dengan apa yg anda minati, kuasai dan anda bidik?

Step Riset Niche Keyword dengan Google Adwords Menggunakan Tools “Google Planner” :

Note : Pastikan Sebelum anda mengakses Google Keyword Planner anda sudah mempunyai akun Email Gmail Kepunyaan Google, karna dengan membuat email google anda bisa menggunakan akun email anda Terintergrasi dengan Tools Google yang lainnya & hampir kebanyakan Tools yg disediakan google bersifat Free atau Gratisan. salah satunya adalah mengakses Google Adwords.

1. Akses Url https://www.google.com/adwords/ kemudian klik link masuk di pojok kanan atas login menggunakan akun email google anda.
2. Setelah Masuk didalam menu Google adwords pilih menu -> Alat -> Perencanaan Kata Kunci / Keyword Planner
Google Keyword Planner Tools
3. Kemudian Pilih Tab -> Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori 
Gunakan frasa, situs web, atau kategori - Panduan Belajar SEO
4. Isi Tanda merah dengan keyword, Kategori Keyword dan Kata Kunci Untuk disertakan
 
Masukkan Keyword yang Di Maksud
 
5. Klik Tombol Dapatkan Ide, akan tampil seperti ini dibawah ini.
Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adword
6. Setelah Itu Klik yang saya tandai merah “Tab Ide Kata Kunci” kemudian setelah itu Klik “Unduh” Simpan Format Riset Keyword Anda dengan Format CVS, Format ini bisa dibuka oleh aplikasi Microsoft Excel.
Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adword
7. Format File CVS hasil Riset Google Keyword Planner anda Buka & Mulailah memilih keyword yg ada untuk di rubah menjadi judul artikel kemudian di lanjut dengan membuat artikel yg serelevan mungkin dengan keyword & judul yg sudah anda buat.
Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adword
Beginilah Kira-kira step menggunakan Cara Menggunakan Google Planner, Semoga bermanfaat. Untuk artikel mengenai penjelasan step penggunaan google  planner bisa anda baca di artikel saya berikutnya. Dan apabila cara riset menggunakan Google Adwords masih terlalu sukar, anda bisa belajar menggunakan cara – cara yang lainnya yang lebih mudah di banding Google Adwords, Misalkan Cara yang lebih gampang anda bisa juga memanfaatkan tools ubersugest.