Panduan IM / Internet Marketing (Dari A - Z)



Panduan IM / Internet Marketing (Dari A – Z)

Basic Internet Marketing

Kamis, 10 Agustus 2017

Sebelum kita membahas tentang Online Marketing / internet Marketing lebih dalam lagi alangkah baiknya jika kita simak video ini terlebih dahulu :

Sebagai pembukaan saya akan mengacu pada website medianovak.com tentang “Online Marketing vs Offline Marketing”. Saat ini banyak yang menanyakan apakah Pemasaran Offline masih sangat efektif dibanding dengan pemasaran online?, Hal Ini akan lebih baik jika kita tidak membandingkan melainkan mengkombine teknik pemasaran offline dan online secara terarah dan tertarget. dengan melakukan kombinasi maka teknik dan market share produk kita dapatkan menjadi lebih efisien dan tertarget.

Perkembangan Pemasaran Online

  1. Pengguna Online lebih dari 2 milyar di seluruh dunia .
  2. 50% Dari mahasiswa, membeli barang dan jasa secara pribadi dari Media Online.
  3. 72% Dari pengguna ponsel Belanja ke sebuah toko pakaian online setelah melihat iklan di handphone.
  4. Iklan Display Global tumbuh sebesar 18,9 % per tahun .

Dari statistik diatas yang menunjukkan perkembangan pemasaran secara online akan menimbulkan pertanyaan, apakah masih ada tempat untuk pemasaran offline dalam artikel yang saya buat ini untuk pemasaran offline.

Anda dapat Membuat Perubahan dengan cepat

Salah Satu manfaat dari pemasaran via online dibanding dengan pemasaran offline / tradisional seperti beriklan di majalah, koran atau di televisi adalah Anda dapat merubah Konsep Iklan secara cepat. Terlebih Iklan Online didukung Dengan Dasboard pemantauan dan pelacakan Kurva atau tabel pemasaran secara real time dan juga anda bisa mengatur jenis pembeli yang akan dibidik dan sesuai dengan segementasi pasar yang anda kehendaki, dengan hal ini Anda dapat membuat keputusan untuk mengubah grafis atau kata-kata dan melakukannya tanpa masalah dan kendala, semuanya konsep pemasaran anda bisa manage dari A – Z. Dan tentunya hal ini tidak terjadi dengan pemasaran tradisional dan periklanan.

Keuntungan dari Pemasaran Offline

Pada Bagian ini saya akan membahas tentang keuntungan dari pemasaran tradisional / offline. Terdapat banyak pilihan periklanan di pemasaran offline, jika pemasara online hanya bergantung pada calon pelanggan online maka pemasaran offline bisa dilakukan dari Pers , melalui surat mereka , melalui poster billboard dll.

Nyata – Anda dapat memberikan pelanggan kesempatan untuk langsung melihat produk promosi di dalam toko. Pengalaman nyata lebih kuat dari satu pemasaran virtual saja.

Interaksi Tatap Muka – Pemasaran Offline seperti pameran dagang atau demonstrasi, akan memberi Anda kesempatan untuk memenuhi pelanggan Anda dengan interaksi tatap muka. Hal ini dapat menjadi sangat penting untuk transaksi nilai tinggi atau jasa yang didasarkan hubungan.

Sokong Pameran Offline Anda dengan Sosmed

Apakah anda pernah mengadakan pameran untuk memasarkan produk anda secara offline, jika iya, bagaimana anda mendapatkan pembeli dalam pameran tersebut? Apakah dengan hadiah yang mengeluarkan pengeluaran belanja banyak adalah salah satu caranya , tetapi mengapa tidak melengkapinya dengan melakukan promosi online menggunakan media sosial dan website perusahaan Anda untuk mempromosikan kehadiran Anda di pameran tersebut? Gunakan jangkauan online Anda untuk mendidik orang-orang, mengapa mereka/calon pembeli harus berhenti terhubung dengan tim Anda dalam situasi offline ketika pameran telah usai. Tawarkan hal yang lebih untuk pengikut media sosial yang mampir stan Anda.

Gunakan data sosmed sebagai strategi dapatkan Pembeli

Salah satu faktor pendukung keberhasilan penawaran adalah ketika kita sebagai penjual mengetahui apa saja yang diperlukan oleh pelanggan, apa saja kesukaannya dan apa saja yang di tidak sukai. untuk bisa merangkul pembeli atau minimal membuat calon pembeli kita menerima apa yang kita sampaikan maka kita perlu mengetahui biodata lengkap pembeli tersebut, karna dengan informasi tersebut kita bisa berhubungan lebih dalam dalagi dengan pembeli, bukan cuma hanya sekedar menawarkan barang dan jasa yang kita jual.

Jaga Konsistensi

Pastikan bentuk pemasaran online dan offline bisa saling besinergi. Konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan pembeli. Konsistensi membuat informasi berulang yang dapat membantu calon pembeli mengingat apa yang sedang kita tawarkan

  1. Jauhkan pemikiran, online dan offline itu saling bersaing.
  2. Jika Anda memiliki Pesan Branding pastikan mereka muncul baik online dan offline.
  3. Dalam hal penyajian, pastikan calon pembeli merasakan hubungan antara satu sama lain.
  4. Gunakan kata kunci dalam pesan Anda secara jelas dalam pesan offline untuk kampanye SEO online Anda.

 

Apa Itu Internet Marketing (Panduan IM Pemula dari A – Z)

Sebagian besar kita pasti sudah memahami arti Internet MarketingInternet Marketing adalah Pemasaran secara online produk dan jasa yang kita tawarkan. disini saya lagi-lagi akan membahas tentang step atau cara yang harus kita lakukan untuk bisa memulai bisnis online dengan Internet Marketing.

Panduan IM Internet Marketing Bagi Pemula

Saya tidak akan membahas terlalu dalam konsep Internet Marketing dalan Panduan IM ini karna anda juga bisa mencari arti istilah Internet Marketing yang cocok dengan diri anda sendiri, Tujuan dari Internet Marketing adalah untuk meningkatkan Penjualan produk dan jasa yang anda tawarkan menjadi lebih efektif dan Tertarget sehingga menghasilkan penjualan yang banyak dan sesuai dengan apa yang kita harapkan, ketika kita mulai belajar Internet Marketing.

Teknik dalam internet marketing yang saya lakukan dan bisa dipakai untuk mendapatkan penghasilan dari online adalah :

Cara Mendapatkan Penghasilan dari internet :

  1. Menjual produk saya miliki
  2. Membuat Blog Untuk menjadi Blogger
  3. Menawarkan Jasa Sesuai dengan keahlian yang saya punya
Meningkatkan Trafik Untuk Mendapatkan Penghasilan Dari Internet

Dari beberapa point atas saya akan berusaha menjelaskan hal apa yang akan saya lakukan beserta langkah – langkah dan stepnya secara berurutan, sebelum membahasnya lebih dalam saya akan coba memberikan gambaran dari beberapa point diatas secara rinci sesuai dengan apa yang saya pahami dan saya terapkan untuk membangun sebuah bisnis online.

1. Menjual Produk yang saya miliki.

Jika anda ingin menjual produk yang akan anda jual atau tawarkan di dunia online, maka pastikan anda memahami produk yang akan anda tawarkan bisa diterima atau tidak di masyarakat online, Faktanya masih banyak produk dan jasa yang masih belum bisa dijual secara online karna segmentasi online sangat berbeda dengan segmentasi offline, pastikan anda menjual barang dan jasa yang bersifat unik, atau barang dan jasa yang memang sudah bisa dijual secara online.

Menentuka Segmentasi Pasar di Online

Contoh : Anda menjual tempe dan tahu secara online, jika barang tersebut sudah tersedia di pasar atau di tukang dagangan dekat rumah, maka bisa di pastikan bisnis jualan online anda tidak akan laku. dan hal ini akan membuang tenaga anda secara sia-sia. berbeda jika anda menjual tempe dengan beberapa penambahan di dalam komposisi tempe tersebut, jika anda menjual tempe dengan khasiat bisa meningkatkan kesehatan dan bisa mencegah kanker dan kolesterol misalnya, itu akan beda cerita. hal ini dikarenakan tempe yang anda buat bersifat unik dan menambah nilai jual barang yang anda akan jual.

Lantas bagaimana kita akan tahu bagaimana produk dan jasa yang akan kita tawarkan laku dipasaran online atau tidak, di online anda akan bisa mencoba menggunakan banyak tools yang banyak digunakan Internet Marketing dalam melakukan Tes pasar terhadap produk.

Step Langkah Jualan Produk Online Milik Kita Sendiri

Tes Pasar Terhadap Barang yang akan dijual, Trik atau langkah awal yang digunaan para Internet Marketing dalam melakukan Tes Pasar terhadap barang yang akan dijualnya yaitu dengan menggunakan media iklan facebook, Kenapa harus menggunakan facebook?, ini dia alasannya :

Media Facebook ADS
  1. Iklan Facebook Relatif Murah : Iklan yang ditawarkan facebook relatif murah, pembeli sangat tertarget dan kita bisa menyesuaikan target pasar yang kita inginkan. lantas bagaimana cara kita supaya bisa menggunakan iklan facebook dan memaksimalkannya?, silakkan baca artikel saya berikutnya tentang “Cara Optimalisasi Beriklan di Facebook”.
  2. Cukup membuat Grup atau Fanpage facebook : Ini hal yang paling peting untuk anda pahami diawal, Trik melakukan jual beli online adalah anda tidak harus membuat website terlebih dahulu, mau tau kenapa alasannya, alasannya yaitu biaya membuat website dan optimasi SEO portal jual beli relatif sangat mahal, website sebagus apapun yang kita buat, tanpa di manage dan dioptimasi dengan SEO maka akan bernilai NOL besar, hal ini disebabkan website yang tidak dibekali dan dioptimasi dengan SEO tidak akan mempunyai pengunjung. jadi pastikan jika anda menggunakan Jasa Iklan Facebook anda juga sudah siap dengan Fanpage Facebooknya. Baca Artikel “Cara Membuat Fanpage Facebook untuk Jualan Online”.
  3. Penjualan dilakukan Via FB, lalu diarahkan ke BBM atau WA : Selanjutnya ini yang paling menarik adalah mengarahkan pelanggan anda dari FB ke BBM atau WA anda, hal ini bertujuan supaya anda bisa melakukan filter antara Visitor Biasa dengan Visitor Prospek. Baca Artikel “Cara Mendapatkan Pembeli Via Facebook”.

Silakkan anda lihat link artikel pendukung supaya anda memahami teknik berjualan di facebook. 

Oke Selanjutnya saya akan membahas tentang pentingnya Social Media dalam mendapatkan Penjualan secara online, karna hal ini yang selalu saya lakukan :

Social Signal Untuk Jualan Online

Alur Langkah Berjualan Online Dari A – Z :

  1. Building Social Media seperti Facebook, Instagram, Twitter
  2. Publish Kontent Marketing di Social Media
  3. Bangun Reputasi di Social Media
  4. Timbulkan Kepercayaan Pelanggan 
  5. Pelajari dan catat kendala dalam transaksi Online
  6. Dll. akan saya update list ini secara berkala.

 

2. Membuat Blog Untuk menjadi Blogger

Logo Blogger

Langkah kedua untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet adalah menjadi seorang blogger dan mengelolah blog yang dibuat serta di optimasi sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan uang dari google, saat ini banyak dari blogger yang mendapatkan penghasilan dari google adsense, jika anda belum paham tentang google adsense anda bisa membaca artikel tekinfom yang membahas tentang google adsense.

Google Adsense

Ref Artikel Google Adsense :

  1. Jumlah Minimun Traffic Blog Syarat Google Adsense
  2. Mindset Agar Tujuan Google Adsense Anda Berhasil

Untuk menjadi seorang blogger dengan penghasilan yang layak, jika anda benar – benar masih pemula maka akan membutuhkan kurang lebih 2 sampai 3 tahun untuk bisa memanen / mendulang uang dari blog anda, dan itupun jika anda bisa konsisten dalam membuat kontent yang membuat blog anda update secara berkala.

Beberapa hal yang harus anda lakukan bila anda memang ingin serius dalam membangun sebuah blog supaya bisa menghasilkan dikemudian hari :

  1. Anda harus bisa menulis artikel
  2. Anda harus mengerti setidaknya 50% dari teknik SEO ( Optimasi Website/Blog ).
  3. Anda harus pandai memilih themes yang SEO ONPAGE.
  4. Konsisten terhadap Update Blog.

1. Menulis Artikel

MenulisArtikel

Langkah pertama yang harus anda persiapkan adalah “Diri Anda sendiri” ini adalah modal dasar jika anda ingin menjadi seorang blogger yang berhasil. Modal yang harus anda punya adalah “Kemampuan Menulis Artikel”. jika anda tidak bisa membuat artikel maka jangan memaksakan diri untuk menjadi seorang blogger yang akan berhasil dikemudian hari.

Ref Artikel Menulis Artikel :

  1. Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adwords
  2. Step Cara Membuat Artikel Berkualitas
  3. Tips Mengatasi Duplikat Konten Pada Artikel Baru

2. Menguasai Teknik SEO

Teknik SEO

Langkah kedua untuk bisa menjadi Seorang Blogger yang berhasil anda harus segera menguasai Teknik SEO, kenapa harus Belajar SEO?, hal ini disebabkan karna Teknik SEO adalah sebuah proses Optimalisasi sebuah web atau blog yang akan membuat blog tersebut menjadi populer dan mempunyai reputasi baik dihadapan Mesin Pencari Google. maka mempelajari Teknik SEO merupakan wajib dan Minimal anda sudah mengetahui 50% dari teknik SEO yang banyak dipakai oleh blogger ulung dengan penghasilan puluhan juta perbulannya.

Ref Artikel Teknik SEO :

  1. Panduan Belajar SEO Google dari A-Z
  2. Apa Itu SEO ? dan Teknik SEO Dasar
  3. Apa Itu SEM (Search Engine Marketing)
  4. Manfaat SEO Bagi Bisnis Online Shop
  5. Strategi StartUp SEO Fresh Domain

3. Themes SEO

 

Themes SEO

Langkah ketiga adalah anda harus pandai memilih themes yang support SEO, themes SEO ibaratkan sebuah spek mesin motor dengan CC yang tinggi yang support dengan kecepatan tinggi, jika anda ingin mengalahkan kompetitor blog anda selain kontent maka yang harus anda perhatikan adalah themes SEO (SEO ONPAGE), anda harus bisa mengalahkan skor SEO ONPAGE kompetitor anda. untuk bisa tahu skor themes yang anda gunakan adalah dengan menggunakan GTmetrix.com.

Ref Artikel Themes SEO :

  1. Kumpulan Themes Blogspot Gratis
  2. Cara membuat Email Gmail Gratis Google
  3. Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot
  4. Cara Optimasi SEO OnPage Blog atau website
  5. Tips Mengetahui Score SEO Themes dengan Tools

4. Konsisten

Langkah terakhir ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger yang berhasil adalah dengan menanamkan dalam diri anda sebuah sikap yang konsisten terhadap pengelolahan, management dan produksi konten. Hal inimerupaka faktor keberhasilan yang paling penting yang bisa membuat blog anda cepat untuk menghasilkan uang atau pekerjaan blog anda menjadi sia-sia karna produksi yang anda lakukan tidak maksimal dan malas-malasan.

Itulah beberapa poin jika anda ingin berhasil dalam membuilding, optimasi dan mengelolah blog anda agar bisa menghasilkan uang dikemudian hari. INGAT tidak ada yang instant dalam bulding sebuah blog. konsisten dan sabar adalah kunci utama keberhasilan adanda untuk menjadi seorang blogger yang berhasil.

3. Menawarkan Jasa Sesuai dengan keahlian yang saya punya

Jika sebelumnya saya membahas cara mendapatkan uang dengan berjualan dan menjadi seorang blogger kali ini saya akan mencoba menjelaskan pilihan alternatif cara menghasilkan uang dari online dengan cara menawarkan jasa sesuai dengan keahlian yang kita miliki, sebagai contoh saya mempunyai keahlian membuat webiste dan keahlian dalam Search Engine Optimizer ( SEO ). Saya melihat ada peluang untuk kedua keahlian saya ini, saya langsung membuat blog tekinfom.com ini dengan konsep blog dan niat saya awalnya hanya fokus membuat artikel dan hidup menggunakan Google Adsense, akan tetapi saya berfikir alangkah lebih baiknya jika SEO website yang saya gunakan bisa saya pakai untuk usaha online dengan menjual produk, dan jasa sesuai dengan keahlian saya.

Sembari membangun blog saya juga membidik blog tersebut lebih spesifik lagi. saya perlu pembaca dengan kebutuhan pembuatan website, dan belajar SEO (Niatnya saya akan buat kursus SEO online). intinya dari blog ini saya punya 4 poin yang saya tuju :

  1. Sebagai Blog penghasil Google Adsense
  2. Portfolio jasa Pembuatan Website & Portfolio jasa SEO
  3. Menjual Produk / jasa teknologi informasi     
  4. Membuka Kursus SEO Online / Kursus Website (Modul Berupa Ebook & Pertemuan Tatap Muka)

Itulah beberapa alasan saya mengelolah web tekinfom.com ini, hambatan untuk mengembangkan web ini mungkin alasan pertama adalah kesibukan bekerja. Oke sekian artikel saya kali ini. semoga bisa bermanfaat.