Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap



Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Blogger Pemula

Kamis, 10 Agustus 2017

Panduan Belajar Blog Bagi Pemula

Sebelum Kita mulai belajar Panduan Belajar Blog bagi Pemula, alangkah baiknya jika kita mengetahui sejarah Blog itu sendiri.

Panduan Belajar Blog Bagi Pemula

Sejarah Blog

Situs ( blog ) adalah hasil perubahan dari diary on-line : Diary atau catatan harian tentang pendapat, opini, serta apa pun itu dalam bentuk yang bisa dipublikasikan dengan cara on-line (memanfaatkan situs). Salah seseorang pendiri dari internet-based journalist ini yaitu Justin Hall, yang membuat on-line diarynya Justin Links From The Underground saat dia masih menjadi pelajar dari Swarthmore College.

Saat itu, Situs ( blog ) (atau saat itu bernama on-line diary) biasanya adalah situs yang diisi kumpulan link menuju halaman situs lain yang dibarengi komentar serta opini yang memiliki on-line diary itu berkaitan halaman dari tujuan link itu. Sehingga on-line diary saat itu dapat pula disebutkan sebagai katalog link berdasar pada opini sang pemilik. Beberapa diarist yaitu editor yang pilih link mana yang menarik serta menampilkan link tersebut di on-line diarynya.

Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Pada tahun 1997, Jorn Barger, seseorang programer yang juga mengelola situs on-line diary “robot wisdom” membuat arti weblog yang di ambil dari kata “logging the web”. Logging dapat disimpulkan masuk. So, logging the situs bisa disimpulkan “memasuki web”. Korelasinya yaitu blogger awal di saat itu adalah orang yang masuk ke belantara situs serta menyortir link-link menarik berdasar pada opininya.

Sampai pada tahun 1998, baru terdapat banyak situs yang bisa diidentifikasikan sebagai situs ( blog ), sampai saat itu menjelajahi semuanya weblog masihlah memungkingkan untuk di lakukan.

Pada tahun 1999, Peter Merholz mengatakan arti weblog sebagai wee-blog, sampai pada akhirnya di buat pendek jadi situs ( blog ) saja. Orang yang mengelola situs ( blog ) lalu di sebut “blogger”.

Peter Merholz
Peter Merholz

Dari titik tersebut semua beralih. Semakin hari, makin banyak orang-orang yang membuat situs ( blog ). Perkembangan situs ( blog ) jadi jadi tambah penting saat Pitas melaunching Blogger. com pada Juli Tahun 1999. Blogger.com adalah situs service yang memungkinkan orang yang bahkan juga tak mempunyai kebolehan html sekalipun dapat membuat serta mengelola situs ( blog ). 

Di titik ini, situs ( blog ) betul-betul beralih. Bahkan juga pengertian situs ( blog ) mulai berubah.
Situs ( blog ) yang awalannya adalah himpunan link yang dikomentari oleh pemilik situs ( blog ), mulai berubah jadi media ekspresi bebas semau pemilik situs ( blog ) yang sajikan dengan cara rangkaian terbalik.

Dari sini, semua betul-betul beralih. Situs ( blog ) bertumbuh semakin cepat. Terutama sesudah Movable Tipe di luncurkan dan wordpress sebagai project lanjutan cms b2 launching ke umum sebagai situs ( blog ) engine.

Kemudian, situs ( blog ) dan blogosphere selalu berevolusi jadi blogosphere yang kita huni hari ini.

Pengertian Blog

Pengertian Situs ( blog ), Situs ( blog ) yaitu singkatan dari web log yang berarti model situs website yang mirip tulisan-tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan dengan cara urutan (saat peristiwa) mulai dari postingan yang paling baru ada dibagian atas halaman paling utama (halaman depan/homepage) diikuti postingan paling lama dibawahnya. 

Pengertian Blog
 

Kerapkali situs ( blog ) di up-date dengan cara berkala oleh yang memiliki serta ditulis cuma dengan satu tema spesial, misalnya mengenai tutorial situs ( blog ), Internet, panduan serta trik, catatan pribadi, hoby dan lain-lain. Meskipun banyak juga yang memiliki mengkombinasikan tulisannya dengan lebih dari satu tema seperti situs ( blog ) saya ini. Untuk tahu pengertian situs ( blog ) sesungguhnya anda bisa membaca beberapa sumber yang menerangkan mengenai pemahaman situs ( blog ) atau anda dapat membuat situs ( blog ) pribadi anda serta rasakan seperti apa rasanya posting tulisan anda sendiri serta di komentari orang lain, saya meyakini anda dapat menyimpulkan sendiri tentang pengertian situs ( blog ).

Pengertian Situs ( blog ) sudah memberi anda pemahaman mengenai sudut pandang situs ( blog ), Lantaran situs ( blog ) orang dapat berdiskusi mengenai artikel yang ditulis lewat fitur yang disiapkan di situs ( blog ) yakni komentar yang bisa menjadi satu media hubungan pada penulis situs ( blog ).

Fitur-fitur yang lain dari situs ( blog ) yakni buku tamu untuk mengenalkan pengunjung, Arsip adalah daftar link yang mengarah ke artikel-artikel yang tersimpan di dalam situs ( blog ) hingga mempermudah pembaca agar bisa tahu artikel apa sajakah yang sudah di catat, Feature Search yaitu alat untuk mencari artikel yang ada di dalam situs ( blog ) itu serta bisa ditemukan dengan gampang dan cepat hingga pembaca tak perlu merasa kesusahan untuk mencari sebuah artikel.

Situs ( blog ) adalah media informasi yang begitu menolong pemakai yang memerlukan info, oleh karena itu situs ( blog ) mempunyai kasta paling tinggi dalam tingkatan media sosial lantaran pekerjaan seseorang blogger yaitu memberi info yang bisa menolong beberapa pembaca untuk memperoleh informasi yang diperlukan, hingga Pembaca bisa belama-lama ada diblog kita lantaran menikmati informasi yang bermanfaat. Sampai disini artikel ini saya tulis, Saya berharap dengan anda membaca artikel ini bisa buka pikiran anda dalam memahami pengertian situs ( blog ) serta mengetahui histori situs ( blog ).

Oke sampai sini saya berharap anda sudah memahami tentang sejarah blog dan pengertian blog, serta alasan blog itu diciptakan, semoga bisa menjadi inspirasi anda sebelum menjadi seorang blogger ulung, dan bisa mengikuti blogger – blogger lain yang telah lebih dahulu menggeluti blog.

Sebagai blogger pemula mungkin sebagian dari anda bertanya – tanya harus hal apa yang harus dilakukan untuk memulai ngeblog?, anda harus memluai ngeblog dengan langkah mudah berikut ini.

  1. Menentukan tujuan Blog
  2. Menentukan topik Blog
  3. Pilih CMS Blog

 

1. Menentukan Tujuan Blog

Menentukan Tujuan Blog

Langkah pertama untuk menjadi seorang blogger maka hal yang harus anda lakukan adalah menentukan tujuan blog anda. kenapa tujuan blog anda harus ditentukan pada saat anda memulai akan membuat blog ?, hal ini dikarenakan jika anda tidak mempunyai tujuan / alasan untuk apa blog anda dibuat maka hal pertama yang akan anda hadapi adalah pembahasan /topik blog yang akan anda buat menjadi tidak fokus dan bias serta akan membuat kita malas untuk mengelolah blog karna topik yang kita buat tidak kita kuasai.

2. Tentukan Topik

Topik Blog

Langkah kedua dalam membangun sebuah blog yang berhasil adalah menentukan topik yang akan kita bahas pada blog yang akan kita kelola, kenapa penentuan topik sangat penting dalam langkah membangun sebuah blog, hal ini disebabkan karena menguasai topik blog sangat membantu keberhasilan suatu blog, bayangkan jika kita membuat konten atau artikel yang tidak kita kuasai topiknya, sudah pasti artikel yang kita buat pasti tidak berkualitas, unik dan biasa-biasa saja.

3. Pilih CMS Blog

CMS Blog

Langkah ketiga dalam membangun sebuah blog adalah pintar memilih CMS yang akan kita gunakan sebagai blog yang akan kita kelola, ada beberapa layanan CMS yang bagus dan gampang untuk bisa membuat blog, yaitu wordpress, blogger, joomla dll. Dari kebanyakan CMS yang tersedia di internet yang paling saya sukai adalah blogger, hal ini disebabkan blogger bisa custom themes, Good SEO, Gratis dan mudah digunakan. Kelebihan blogger menjadi salah satu alternatif CMS untuk blogger pemula.

Kesalahan Blogger Pemula

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula dan perlu anda ketahui sebagai blogger pemula adalah sebagai berikut :

  1. Memprioritaskan Bagus atau tidaknya Tampilan Blog 
  2. Memprioritaskan Kuantitas dibanding Kualitas
  3. Tidak Konsisten
  4. Membahas Terlalu banyak Topik
  5. Berambisi Cepat Mendapatkan Uang 
  6. Tidak Memanfaatkan Teknik SEO

 

1. Memprioritaskan Bagus / tidaknya Tampilan Blog


Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap
 

Kebanyakan kesalahan dari blogger pemula adalah fokus terhadap tampilan blognya, themes blog, copot pasang plungin atau widget, gonta – ganti warna blog nya, tanpa membuat konten yang menarik sama sekali, akibatnya blog yang akan dibangun menjadi terbengkalai karna tenaga yang di curahkan sudah habis dengan perubahan tampilan blog. hati – hati dengan poin ini pastikan ketika anda memulai ngeblog langkah awal yang harus anda fokuskan adalah konten blog itu sendiri. karna konten yang baik lah yang bisa menghasilkan pengunjung ke blog anda bukan tampilan.

2. Memprioritaskan Kuantitas dibanding Kualitas

 

Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Hampir setiap blogger pemula beranggapan dengan semakin banyaknya konten yg diproduksi maka akan semakin cepat mendapatkan trafik yang banyak. karna alasan inilah banyak dari blogger pemula fokus terhadap kuantitas tanpa melihat kualitas suatu artikel. Dan yang sering ditemui adalah banyak blogger pemula yang melakukan copy-paste artikel dari blog lain, yang kenyataannya copy-paste konten langsung merusak reputasi blog dimata search engine.

3. Tidak konsisten

 

Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Saat kita semangat, kita bisa memproduksi konten dengan konsisten atau bahkan banyak konten. Tetapi kalau kita sedang tidak semangat atau tidak mood maka akan sangat berat untuk memproduksi konten, jadi langkah yang harus anda lakukan dalam mengelolah blog adalah menghilangkan rasa malas dan terus konsisten dalam mengelolah blog anda.

4. Membahas terlalu banyak Topik

Terlalu Banyak Topik Didalam Blog Anda

Banyak dari blogger pemula mengisi konten blog nya dengan banyak pembahasan dan topik. sehingga tidak terbentuk  suatu blog yang unik dengan informasi yang menarik, dan malahan terkesan update artikel blognya menjadi syarat asalkan ada update hari ini saja. Untuk bisa menjaring pembaca maka fokus terhadap topik pembahasan blog itu sangat amat penting, hal ini dikarenakan blog yang fokus terhadap suatu pembahasan mempunyai konten yang lebih lengkap dan lebih mendalam. dibandingkan blog dengan banyak topik pembahasan.

5. Berambisi Cepat Mendapatkan Uang

Berambisi Cepat Mendapatkan Uang dari blog - Panduan Belajar Blog Pemula

Niat awal ngeblog untuk cepat mendapatkan uang uang merupakan suatu pemikiran yang salah besar. Hal ini dikarenakan untuk membangun sebuah blog yang berhasil membutuhkan waktu yang lama,tenaga yang extra, fokus yang tinggi, konsisten dan pengaturan waktu yang baik.

6. Tidak Memanfaatkan Teknik SEO

Tidak Memanfaatkan Teknik SEO dengan Benar - Panduan Belajar Blog Pemula

Banyak dari blogger pemula yang kurang memahami manfaat dan teknik seo serta pengaruhnya terhadap reputasi blog yang sedang dikelolahnya. Alangkah lebih baiknya anda mempelajari SEO dan teknik SEO sebelum anda mengelolah leih jauh Blog anda.

Langkah Awal mengembangkan Blog

Langkah Awal Mengembangkan Blog Baru Anda - Panduan Belajar Blog Pemula

Ketika kita paham mengenai arti blog dan mengetahui beberapa poin penting saat membangun dan membuat blog dan juga kita juga memahami beberapa kesalahan yang banyak dilakukan oleh blogger pemula sebagai acuan poin yang harus kita hindari. maka langkah selanjutnya adalah beberapa poin Langkah Awal dalam mengembangkan sebuah blog yang sedang kita kelola adalah:

  1. Fokus Terhadap Konten
  2. Gunakan Teknik SEO
  3. Blogwalking
  4. Media Sosial
  5. Forum
  6. Social bookmarking

 

1. Fokus Terhadap Konten

Fokus Membuat Konten blog - Panduan Belajar Blog Pemula

Setelah topik sudah kita tentukan dan konten juga sudah mulai kita buat, maka langkah yang harus kita lakukan adalah terus riset terhadap konten yang sedang kita buat dan sajikan terhdap pembaca, pastikan kita mempunyai konten yang unik, lengkap dan menjadi sebuah informasi yang sangat di butuhkan oleh pembaca blog anda.

2. Gunakan Teknik SEO

Strategi dan Teknik SEO - Panduan Belajar Blog Pemula

Untuk mencapai keberhasilan yang maksimal, anda harus bisa memahami SEO dan Teknik SEO supaya web atau blog yang sedang anda kelola saat ini mampu untuk berkompetisi dengan blog lainnya. atau bahkan bisa berkompetisi dengan website atau blog yang sudah sangat populer saat ini. Di dunia internet ini pergerakan dan pergeseran reputasi sebuah website sungguh begitu cepat. dan hal ini bisa menjadi peluang untuk blog kita lebih terkenal dan mempunyai banyak pembaca.

3. Blogwalking

Blogwalking - Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Aktifitas selanjutnya untuk memperkenalkan Blog Anda di blog lain adalah dengan meninggalkan komentar di blog lain sembari memperkenalkan blog kita. langkah ini bisa dibilang langkah yang sudah ketinggalan jaman di tahun 2016 ini, akan tetapi memang langkah ini sangat efektif untuk memperkenalkan blog baru kita.

4. Media Sosial

Media Sosial - Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Saat ini dengan berkembangnya sosial media, dan semakin banyaknya pengguna sosial media. Maka Media Sosial saat ini merupakan tempat yang tepat sebagai media promosi gratis blog kita.

5. Forum

Forum - Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Carilah forum yang sesuai dengan topik yang kita bahas di blog kita, dengan memperkenalkan blog kita terhadap pembaca yang minat dengan pembahasan yang kita sajikan di blog kita maka secara tidak langsung kita menemukan pembaca setia bagi blog kita.

6. Social bookmarking

Sosial Bookmarking - Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Social bookmarking adalah situs yang membookmark halaman web secara online. dan pada umumnya para blogger menggunakan Situs Social bookmarking untuk mendapatkan trafik tambahan dan juga backlink gratis.

Cara menghasilkan uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Panduan Belajar Blog Pemula , Mudah dan Lengkap

Setelah konten sudah dibuat dan siap untuk disajikan, kemudian anda mulai memperkenalkan situs anda melalui Blogwalking, Forum, Media Sosial dan Situs Social Bookmarking. maka langkah berikutnya yang harus anda ketahui didalam dunia blogger adalah Cara menghasilkan uang dengan Blog yang anda kelola :

  1. Jaringan Periklanan
  2. Jual Space Iklan diBlog Anda
  3. Jual Produk Sendiri
  4. Jual Keahlian Anda
  5. Ikut Program Affiliasi

1. Jaringan Periklanan

Cara yang umum dan banyak diketahui untuk bisa menghasilkan uang di blog adalah dengan memanfaatkan jaringan periklanan yang disediakan baik oleh google, ataupun dengan menggunakan jaringan periklanan lokal indonesia.

2. Jual Space Iklan diBlog Anda

Cara berikutnya untuk bisa menghasilkan uang diBlog anda adalah dengan cara menjual space kosong yang ada diBlog kita.

3. Jual Produk Sendiri

Jika anda punya barang yang bisa anda jual, kita bisa menjualnya diblog dengan menggunakan banner yang menarik serta membuat artikel deskripsi mengenai barang yang akan kita jual.

4. Jual Keahlian Anda

Langkah selanjutnya cara menghasilkan uang melalui blog adalah dengan menjual keahlian yang kita miliki.

5. Ikut Program Affiliasi

Jika kita tidak memmilik barang atau produk yang akan kita jual, maka anda bisa menjual barang orang lain dengan mengikuti Program Affiliasi.