Kelebihan dan kekurangan Jualan di Marketplace



Kelebihan dan kekurangan Jualan di Marketplace

Sabtu, 23 Juli 2016
Internet Marketing

Anda sudah pernah melakukan transaksi oline, baik itu pembelian ataupun penjualan, jika belum melakukan kedua – duanya maka jangan pernah berfikir untuk membuka bisnis online dahulu. penjualan online melalui marketplace mempunyai aturan atau sistem baku yang aman dan nyaman baik itu dari pihak penjual ataupun dari pihak pembeli. jika anda niat dan ingin berjualan online melalui marketplace minimal anda harus tahu sistem yang diterapkan di marketplace tersebut, logikanya bagai mana anda bisa langsung menjadi penjual jika anda tidak tahu cara order barang dan proses membeli hingga barang yang anda jual sampai ke pihak pembeli?. oleh karna itu anda harus biasa terlebih dahulu bertransakasi melalui online baru bisa jualan online.

Kelebihan dan kekurangan Jualan di Marketplace

Sebelum membahas marketplace lebih dalam dan memanfaatkan marketplace sebagai media berjualan online alangkah baiknya kita mengetahui apa itu marketplace. Saya akan mencoba menjelaskan secara sederhana tentang marketplace, marketplace adalah “Sebuah wadah yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan sistem yang aman saat bertransaksi antara penjual dan pembeli” Marketplace biasanya menggunakan bank bersama saat melakukan transaksi, sistemnya saat pembeli membeli barang yang dipesan kepada penjual, pembeli mentransfer uang pembeliannya ke pihak pengelola marketplace dan kemudian di teruskan kepada pihak penjual. Saat barang yang dipesan tidak sesuai dengan apa yang dideskripsikan oleh penjual dalam marketplace tersebut, maka barang bisa diretur atau dikembalikan kembali ke pihak penjual, dan dana yang sudah di transfer kepihak marketplace tersebut bisa kembali lagi ke pembeli.

Perlu anda cermati pada sistem marketplace sebagai pembeli bisa membedakan penjual berkualitas dan terpercaya dengan penjual yang kurang berkualitas. biasanya marketplace menggunakan sistem rating ataupun feedback untuk menilai penjual yang baik atau tidak, yang dimana sistem rating dan feedback tersebut bersasal dari transaksi yang berhasil dan juga penilaian pembeli terhadap penjual dimarketplace tersebut.

Dari sisi penjual disaat kita akan memulai usaha kita dengan menggunakan media marketplace hal yang harus anda ketahui adalah bahwa persaingan penjualan dimarketplace sangat ketat, harga yang di tawarkan di marketplace relatif murah dibandingkan dengan lapak offline, dan banyak supplier barang dan jasa menggunakan marketplace dalam mengembangkan usaha onlinenya disana. Cara menyiasati berjualan dimarketplace akan saya bahas dalam artikel saya selanjutnya.

Sebelum kita mulai berjualan dimarketplace kita harus tahu kesalahan awal penjual ketika berjualan dengan memanfaatkan marketplace. Berikut beberapa poin vital yang biasa menjadi sandungan penjual pemula di marketplace.

Kesalahan Jualan Online Pemula

Kesalahan Penjual Pemula di Marketplace

1. Belum Pernah Melakukan Transaksi Online

Banyak penjual Offline yang hanya sekedar mendaftar dan upload barang dan jasanya dengan memanfaatkan media marketplace tanpa mengetahui langkah dan alur sistem pembelian dan penjualan di marketplace tersebut. Bagaimana kita bisa Berjualan dengan memanfaatkan marketplace jika sistem dan cara jualannya kita sendiri tidak mengetahui secara persis alur dan sistemnya.

2. Tidak Menguasai teknologi

Poin selanjutnya Jangan pernah anda bejualan dengan marketplace jika anda tidak melek teknologi alias gaptek. yang ada bukan untung yang anda dapat bahkan malah buntung yang anda peroleh. anda harus bisa minimal menggunakan smartphone, bisa menggunakan BBM, Whatsapp, LINE dan juga mengunakan sosial media seperti Facebook dan instagram.

3. komunikasi Via Chat kurang baik

Ingat bahwa Marketplace merupakan media online yang tidak terikat dengan jarak dan waktu, jika dengan menggunakan Toko Offline anda biasa tutup jam 10 malam, dengan marketplace penjualan anda berjalan 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, komunikasi penjual dan pembeli dalam marketplace menggunakan Fasilitas Chatting. Ingat komunikasi yang baik akan membuahkan penjualan yang lebih baik pula.

3 poin diatas merupakan beberapa poin kesalahan yang sering dilakukan oleh pembisnis online pemula. Masih ada kesalahan – kesalahan lainnya yang belum bisa saya bahas pada artikel ini. dan akan saya bahas pada artikel saya berikutnya. Selanjutnya mari kita simak kelebihan dan kekurang berjualan dengan memanfaatkan marketplace.

Kelebihan Jualan Online

Kelebihan Marketplace bagi penjual

1. Gratis tidak dipungut biaya

Hal yang paling saya sukai pada marketplace adalah untuk berjualan di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan elevenia adalah dengan sifatnya yang gratisan alias Free, kita sebagai penjual tidak dipungut biaya sepersenpun untuk membuat akun toko online kita disana. Bayangkan jika membuat toko online shop sendiri maka akan banyak dana yang kita keluarkan untuk startup jualan online kita, belum lagi waktu yang kita perlukan untuk mengelola SEO website toko online kita yang membutuhkan waktu yang relatif lama dan membutuhkan dana tambahan selain dana pembuatan website, sewa hosting, apalagi sistem website yang kita buat mempunyai sifat custom yang sesuai dengan apa yang kita inginkan pasti akan membutuhkan dana yang sangat besar. Jika kita mamanfaatkan marketplace maka dana building dan pembuatan website bisa kita gunakan untuk biaya iklan yang bisa lebih efektif dalam menghasilkan penjualan terhadap produk dan ajasa yang kita tawarkan terhadap pembeli.

2. Mudah Terindex Oleh Mesin Pencari Google

Dengan menggunakan marketplace ini maka produk dan jasa yang kita tawarkan ke pelanggan bukan hanya terbatas di dalam marketplace tersebut, akan tetapi produk dan jasa yang kita unggah kedalam marketplace juga dengan cepat terindex oleh mesih pencari google. hal ini akan sangat berbeda ketika kita startup SEO, jika kita menggunakan website jualan sendiri pastinya lebih ribet dan lama.

3. Menggunakan Rekening Bersama

Dengan menggunakan rekening bersama maka kepercayaan pembeli terhadap kita lebih besar, karna reputasi yang sudah dimiliki oleh marketplace akan berdampak dengan penjualan dan transaksi kita. Percayalah 90% keberhasilan sebuah transaksi online berasal dari kepercayaan pelanggan terhadap penjual dan tempat mereka bertransaksi.

4. Tempat Berkumpulnya Pembeli

Ini yang paling saya suka dengan marketplace yaitu, user yang menggunakan marketplace sudah berniat untuk mencari produk yang mereka cari dan butuhkan (Pengguna marketplace memang bertujuan untuk membeli produk yang mereka inginkan). hal ini memang sangat berbeda jika kita mendapatkan user dari google, user yang menggunakan mesin pencari google biasanya melihat produk untuk membandingkan produk satu dengan produk lainnya.

5. Promosi Gratis dari Marketplace

Kelebihan lainnya dengan memanfaatkan marketplace adalah Promosi gratis yang diberikan oleh pihak management marketplace tersebut. misalkan potongan harga 50% yang ditanggung oleh pihak marketplace dan juga gratis ongkos kirim yang ditanggung oleh pihak marketplace yang pastinya sangat menguntungkan penjual dan dapat melipat gandakan omset harian.

6. Membangun Reputasi lebih Mudah

Ada banyak istilah reputasi yang diberikan oleh masing-masing marketplace, reputasi tersebut diberikan pembeli terhadap penjual dan ketika reputasi penjualan yang diberikan oleh pembeli positif maka bersiaplah untuk peningkatan omset kita, wow sangat menarik bukan berjualan dengan memanfaatkan marketplace.

7. Iklan Berbayar yang Tertarget

Jika omset sudah melejit naik, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan iklan premium yang sudah disediakan oleh pihak marketplace, tidak tangung-tangung biaya iklan yang kita keluarkan bisa tertutupi dengan dua minggu penjualan kita. Apalagi yang anda tunggu segera pelajari dan buat akun dengan website atau aplikasi marketplace dan jelajahi jualan online pertama anda.

Kekurangan jualan Online

Kekurangan Marketplace bagi penjual

1. Persaingan secara langsung antar sesama penjual

Tak bisa dipungkiri bahwa marketplace tempat berkumpulnya pedagang online dan hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri terhadap strategi pemasaran yang akan kita pakai dan gunakan di marketplace ini. Atau bisa sangat mungkin anda bertemu dengan supllier anda sendiri dan pesaing anda di marketplace.

2. Iklan penjual lain bisa mengganggu omset

Iklan Berbayar / Premium yang digunakan oleh pedagang lain bisa sangat berpengaruh tehadap omset bulanan kita, terlebih pedagang yang beriklan menawarkan barang dan jasa yang menyerupai dengan apa yang kita jual dan tawarkan kepada pembeli.

3. Keberlangsungan website tidak terjamin

Ingatlah bahwa marketplace bukan website dan perusahaan kita sendiri oleh karna itu keberlangsungan hidupnya tidak bisa kita prediksi. jika marketplace bermasalah maka akan berdampak pada seluruh penjual yang ada didalamnya. Karna alasan inilah anda harus bisa juga mengatur strategi berjualan online agar tidak terlalu bergantung dengan marketplace yang ada.

4. Feature pencarian di dalam sistem marketplace tidak tertarget dengan produk kita saja

Marketplace pasti memiliki feature pencarian barang atau produk, dan didalam marketplace memiliki ratusan penjual yang akan membuat hasil pencarian menjadi tidak tertarget terhadap produk dan jasa yang kita tawarkan saja, melainkan akan ada banyak hasil pencarian yang serupa dengan barang dan jasa yang kita tawarkan disana. Anda harus bisa memanfaatkan feature iklan berbayar dengan hati – hati dan terkonsep dimarketplace tersebut.

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan marketplace bagi penjual secara umum dan masih banyak kelebihan serta kekurang lainnya, anda bisa explore sendiri, akhir kata selamat berjualan dengan memanfaatkan marketplace, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang masih bingung tentang bagaimana berjualan online yang efektif dan tertarget.

Komentar


Tag Terkait :