Fungsi Internal Link di Blog / Website


Fungsi Internal Link di Blog / Website

Seo Off Page

Selasa, 25 Oktober 2016
Fungsi Internal Link di Blog / Website, Ada banyak sekali diskusi internet marketer, webmaster, serta pelaku SEO, yang mengulas mengenai link building. Saya juga kerap temukan diskusi mengenai kiat bangun backlinks terkini dengan teknik yang katanya paling ‘mumpuni’ yang dapat tingkatkan peringkat satu halaman situs di mesin pencari Google. Saya lihat, ada hal utama yang terlupakan dalam diskusi itu, mereka melupakan trik internal links yang ada pada suatu situs/situs (blog).

Fungsi Internal Link di Blog / Website

Internal linking yaitu satu link dari satu halaman situs menuju halaman lain didalam situs yang sama, di mana isinya masih tetap terkait. Ini yaitu satu diantara langkah untuk menolong crawler Google dalam menjelajahi halaman website kita. Diluar itu, internal links juga memungkinkan beberapa pengunjung situs kita dalam mendapatkan info lain yang masih tetap berkaitan. Pastinya ini dapat membuat pengunjung akan berada lebih lama di website kita. Pada intinya, internal linking dalam situs/situs (blog) yaitu satu diantara sisi yang begitu utama didalam meningkatkan onsite SEO (Search Engine Optimization).

Apa sajakah kegunaan Internal Linking?

Buat saya pribadi, maksud paling utama dari internal linking yaitu untuk mempermudah mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks seluruh halaman, serta melihat susunan situs (blog) saya keseluruhannya. Susunan situs yang rapi dapat membuat seluruh halaman situs Anda terindeks dengan baik di Search Engine, dan ini berarti halaman website Anda akan gampang dicocokkan dengan pencarian user di Search Engine, umpamanya Google.

1. Meningkatkan pemakaian serta pengalaman user di website Anda

Sesungguhnya sudah banyak situs (blog) yang mengulas mengenai pentingnya internal linking untuk SEO, namun sesungguhnya bukan hanya itu saja faedahnya. Seperti yang telah dijelaskan diatas, internal links dapat mempermudah pengunjung untuk menavigasi situs Anda serta membuka halaman content lain di situs Anda.

Pikirkan seorang yang temukan satu link artikel Anda didalam hasil pencarian Google. Sesudah mereka membacanya dan mendapatkan info yang mereka perlukan, peluang mereka akan menutup halaman situs Anda atau menghimpit tombol back. Tidak sama perihal bila mereka temukan anchor text links didalam artikel Anda mengenai info yang lain yang mungkin saja menarik buat pengunjung. Link ini bakal mengarahkan pembaca itu ke tulisan yang lain yang masih terkait. Apabila mereka suka pada tulisan Anda, mungkin saja saja dia akan jadi subscriber situs (blog) Anda serta akan kembali pada di lain kali.

Internal links dapat membuat pengunjung berlama-lama di situs (blog) Anda serta membuka halaman-halaman lain di situs (blog) itu. Membuat pengunjung kerasan di situs (blog) Anda dapat menurunkan tingkat bounce rate (rasio pentalan) situs Anda, serta ini begitu penting dikarenakan Google mempertimbangkan tingkat bounce rate sebagai metrik dalam memastikan apakah situs (blog) Anda mempunyai content berkwalitas atau tidak. Bila pengunjung sangat cepat meninggalkan situs (blog) Anda, Google dapat berasumsi kalau situs (blog) itu tak memberi faedah untuk pembacanya, serta ini dapat menyebabkan turunnya peringkat situs (blog) Anda di mesin pencari Google. 

2. Tingkatkan SEO (Search Engine Optimization) website Anda

Dengan membuat internal links, Anda telah menolong spider mesin pencari untuk menjelajahi website Anda dengan gampang serta cepat. Memposting banyak content dengan internal links pastinya semakin lebih baik dari pada membiarkan halaman post itu tak ada link ke halaman post Anda yang lain.

Membuat internal links ke halaman lain dengan keyword yang relevan adalah langkah yang begitu efisien untuk tingkatkan nilai SEO tulisan Anda. Pastinya hal semacam ini begitu gampang dikerjakan. Umpamanya usaha atau situs (blog) Anda yaitu beroperasi di sektor layanan laundry, Anda dapat bikin internal link dengan memakai frase keyword “Jasa Laundry Murah” dari tulisan yang mengulas mengenai baju bersih menuju ke tulisan Anda yang lain yang tawarkan layanan laundry dengan harga yang murah. Ini dapat menolong Search Engine untuk mengerti isi content situs Anda keseluruhannya.

3. Tingkatkan visibilitas content didalam situs Anda

Bersamaan bertambahnya waktu, content didalam situs/situs (blog) Anda pastinya akan makin bertambah dari hari ke hari. Sebagian content mungkin saja saja akan terbenam serta makin susah diketemukan oleh pengunjung situs Anda lantaran banyak content yang baru.

Bila Anda mempunyai satu halaman content yang menginginkan Anda tunjukkan pada pengunjung situs (blog) Anda, tetapi nyatanya halaman itu tak sepopuler halaman yang lain, jadi Anda dapat memberikan link menuju halaman tersebut di dalam halaman content lain yang cukup kerap di baca oleh pengunjung situs (blog) Anda.

Anda dapat memerlihatkan beberapa content lama punya Anda lewat cara meletakkan internal link menuju halaman tersebut di dalam tulisan yang popular serta kerap dikunjungi pembaca situs (blog) Anda. Makin banyak halaman situs (blog) Anda yang di buka oleh pengunjung serta dibuka oleh mesin pencari, jadi visibilitas situs (blog) Anda bakal makin baik. Pastinya ini bakal memberi hasil yang lebih baik pada situs serta usaha Anda.

Cermati beberapa hal di bawah ini saat membuat internal linking :

 

  1. Buat internal linking ke halaman yang terkait. 
  2. Buat internal linking sewajarnya, janganlah terlampau banyak. 
  3. Pakai anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju. 
  4. Lakukan internal linking secara teratur.

Komentar