Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adwords



Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adwords

Cara Riset Keyword

Sabtu, 12 Maret 2016

Tekinfom.com – Dalam membangun sebuah blog yang baik, langkah awal yg harus dilakukan adalah memilih kata kunci yg baik & banyak dicari, kenapa harus memilih kata kunci yg banyak dicari jawababnnya tentu saja hal ini dikarenakan supaya banyak pengunjung mampir di web / blog kita.

Cara untuk memilih kata kunci yg dicari, langkah yg harus kita lakukan adalah melakukan riset kata kunci menggunakan Google Adwords, cara tersebut bertujuan agar kata kunci yang kita riset ini bisa kita dibuat sebagai bahan untuk membuat artikel yg akan kita sajikan ke pembaca, tentunya sebelum kita melakukan riset kata kunci alangkah baiknya, jika anda bisa memilih topik yg disukai agar artikel yg akan dibuat nanti, bisa disajikan dengan maksimal karna anda menguasai topik yg pilih.

Riset Niche Menggunakan Google Adwords

Oke Langsung pada implementasi “Cara Melakukan Riset Keryword Dengan Google Adwords”, dengan toolsnya Google Keyword Planner, menjadi patokan awal untuk melakukan riset keyword.

Cara Riset Niche Keyword dengan Google Keyword Planner

Cara Riset Niche Keyword Google Adwords menggunakan tools Google Planner merupakan salah satu cara teknik dasar SEO yang sangat penting untuk optimasi page halaman artikel kita supaya bisa mejeng di halaman 1 google atau pagewan istilah kerennya.

Faktanya Banyak Master SEO menggunakan Google Adwords hanya untuk memanfaatkan Tools Google Planner sebagai acuan untuk mendapatkan Niche Keyword yang di target. Dan cara tersebut benar-benar ampuh.

Bagi anda yg ingin fokus mencari trafik setinggi – tinggi nya tidak ada langkah / cara awal SEO yang baik kecuali dengan memanfaat kan Tools Google Adwords sebagai riset kata kunci terlebih daluhu. Dengan melakukan riset kata kunci dengan baik & optimal maka web / blog yg kita akan building pastinya tidak akan kekurangan trafik setiap harinya.

Riset Niche Keyword Google Adwords

Dan jika kita malas untuk melakukan riset kata-kunci melalui Google Adwords terlebih dahulu, maka sudah dipastikan artikel yg dibuat akan sangat sepi pengunjung dikarenakan niche keyword yang anda bidik tidak sesuai, jadi jika kita ingin fokus dengan trafik website maka tidak ada salahnya terlebih dahulu kita melakukan riset. riset kata-kunci disini intinya memberikan gambaran untuk kita tentang kata kunci yg sering di cari oleh pembaca di search engine google.

Sebagai Catatan tambahan bahwa artikel dan kata kunci yg masih satu Niche sangat disukai oleh google, karna sebab itulah banyak master seo saat ini berlomba- lomba membuat artikel yg satu Niche antara satu artikel dengan artikel lainnya.

Implementasi riset keyword bisa kita gunakan di blog kita, sebagai contoh apabila blog kita membahas tentang komputer, maka kata kunci apa yg sering di cari oleh google?,  Apakah “cara install komputer” atau “Cara merakit komputer” atau “Kursus Cara merakit komputer”. atau yg lain-lainnya, kata kunci yg sering di cari google tentang komputer pasti akan terlihat di “google planner”.

Sampai sini saya berharap anda sudah paham apa kenapa riset keyword itu sangat penting.

Sebelum kita bahas tentang riset keyword lebih dalam lagi, alangkah baiknya jika kita kenal lebih dahulu jenis & macam Kata-Kunci:

  1. Shot Tail Keyword
  2. Long Tail Keyword
  3. Keyword Sepanjang Masa
  4. Keyword Musiman
Empat jenis kata-kunci diatas adalah beberapa jenis yg sering saya jumpai, sebetulnya masih banyak jenis yg lain, tetapi 4 macam jenis kata-kunci ini sudah cukup untuk kita pelajari lebih dalam dan fokus.

1. Short Tail Keyword

Short Tail Keyword pada umumnya jenis ini hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Jenis seperti ini biasanya mempunyai persaingan yg sangat tinggi dan sangat sulit untuk bisa membidik keyword ini kalau Skil SEO yg Pas-pasan. Contohnya Short Tail sbb:
  • Komputer
  • Belajar Komputer
  • Merakit Komputer
  • Komputer Terbaru

 

2. Long Tail Keyword

Long Tail Keyword merupakan keyword versi panjang, dan untuk jenis ini sangat di rekomendasikan untuk anda yg masih pemula & baru belajar SEO, karna dengan jenis ini tingkat persaingan cukup rendah & pastinya jumlah trafik pengunjung untuk keyword ini relatif sedikit dan tidak sebanyak Shor tail. Contoh Long Tail Sbb:
  • Daftar Harga Komputer Samsung 2016
  • Komputer Samsung Terbaik Tahun Ini
  • dll.

 

3. Keyword Sepanjang Masa

Keyword Sepanjang Masa kenapa dinamakan begitu ?, karna keyword ini banyak dicari di mesin pencari karna kebutuhan akan pencaharian terhadap keyword ini akan selalu ada sepanjang masa, Contoh Keyword Sepanjang Masa Sbb :
  • Cara Mengobati Sakit Gigi
  • Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah
  • Cara Mengobati Panas Pada Anak

 

4. Keyword Musiman

Keyword Musiman adalah yg dicari pada saat ada momen khusus atau momen spesial, Contoh dari Keyword Musiman Sbb:
  • BBM Ucapan Selamat Tahun Baru
  • Hasil Pertandingan Barcelona VS Juventus
  • dll
Setelah anda mempelajari jenis & macam Kata Kunci yg sering digunakan, maka langkah selanjutnya adalah Bagaimana cara melakukan Kata Kunci yg sesuai dengan apa yg anda minati, kuasai dan anda bidik?

Step Riset Niche Keyword dengan Google Adwords Menggunakan Tools “Google Planner” :

Note : Pastikan Sebelum anda mengakses Google Keyword Planner anda sudah mempunyai akun Email Gmail Kepunyaan Google, karna dengan membuat email google anda bisa menggunakan akun email anda Terintergrasi dengan Tools Google yang lainnya & hampir kebanyakan Tools yg disediakan google bersifat Free atau Gratisan. salah satunya adalah mengakses Google Adwords.

1. Akses Url https://www.google.com/adwords/ kemudian klik link masuk di pojok kanan atas login menggunakan akun email google anda.
2. Setelah Masuk didalam menu Google adwords pilih menu -> Alat -> Perencanaan Kata Kunci / Keyword Planner
Google Keyword Planner Tools
3. Kemudian Pilih Tab -> Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori 
Gunakan frasa, situs web, atau kategori - Panduan Belajar SEO
4. Isi Tanda merah dengan keyword, Kategori Keyword dan Kata Kunci Untuk disertakan
 
Masukkan Keyword yang Di Maksud
 
5. Klik Tombol Dapatkan Ide, akan tampil seperti ini dibawah ini.
Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adword
6. Setelah Itu Klik yang saya tandai merah “Tab Ide Kata Kunci” kemudian setelah itu Klik “Unduh” Simpan Format Riset Keyword Anda dengan Format CVS, Format ini bisa dibuka oleh aplikasi Microsoft Excel.
Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adword
7. Format File CVS hasil Riset Google Keyword Planner anda Buka & Mulailah memilih keyword yg ada untuk di rubah menjadi judul artikel kemudian di lanjut dengan membuat artikel yg serelevan mungkin dengan keyword & judul yg sudah anda buat.
Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adword
Beginilah Kira-kira step menggunakan Cara Menggunakan Google Planner, Semoga bermanfaat. Untuk artikel mengenai penjelasan step penggunaan google  planner bisa anda baca di artikel saya berikutnya. Dan apabila cara riset menggunakan Google Adwords masih terlalu sukar, anda bisa belajar menggunakan cara – cara yang lainnya yang lebih mudah di banding Google Adwords, Misalkan Cara yang lebih gampang anda bisa juga memanfaatkan tools ubersugest.

Komentar