Belajar Seo Google ( Teknik Rahasia Master Seo ) - Panduan Seo Gratis



Panduan Belajar SEO Google

Belajar Seo Gratis

Selasa, 18 Juli 2017

Step Panduan Lengkap Belajar SEO Google

Seperti yang telah didefinisikan di salah satu Artikel Panduan Belajar SEO mengenai pengertian Apakah Itu SEO, kalau Teknik SEO itu untuk menghadirkan pengunjung tertarget. Dengan kehadiran pengunjung tertarget pastinya di Search Engine Google, automatis rasio iklan kita dalam menghadirkan penjualan jauh semakin besar.

Panduan Lengkap Belajar SEO Google

Berikut Beberapa Alasan Anda Harus Menggunakan Seo :

 

Alasan Kenapa Anda Harus Belajar SEO
A. Pengunjung SEO Sangat Tertarget

Alasan Mengapa Trafik pengunjung SEO benar-benar tertarget Lantaran memang pengunjung sendiri yg menginginkan situs, dengan keyword yang diketikkannya. Meskipun tak semuanya kunjungan berbuah penjualan, namun jelas rasio trafik lebih tinggi lantaran memang mereka memerlukan informasi kita sajikan. SEO adalah Teknik dan cara untuk memaksimalkan website/portal yg kita miliki dengan mengikuti kaidah/aturan main google yg akan kita bahas lebih jauh nanti di dalam Panduan Lengkap Belajar SEO Google.Di internet sendiri ada sangat banyak sekali Panduan teknik pemasaran, dari mulai gunakan iklan, komunitas marketing, hingga yg terkahir-terakhir ini banyak digemari yaitu Panduan social media marketing.

Sayang dari demikian banyak panduan teknik marketing itu tak seperti SEO. Dengan SEO terkecuali iklan lebih tertarget, yg tidak kalah menarik yaitu akhirnya yg untuk periode panjang. Karna SEO Bersifat Gratis

B. SEO Adalah Media Promosi Gratis

Dengan Belajar SEO di Panduan Belajar SEO ini, sekali situs ada di posisi paling atas Search Engine Google, umumnya akan lama disana, terutama bila saingannya sedikit. Serta ini dapat jadi sejenis passive income akan mengalir secara cuma-cuma oleh Google lantaran tanpa ada promosi meskipun, kita akan memperoleh kunjungan gratis yg ujung-ujungnya juga berpihak pada penjualan. Bukan sekedar itu saja, Anda akan dikagetkan dengan beberapa kata kunci di hasil pencarian Google (keyword) tidak terduga dari optimasi kata kunci (keyword) paling utama Anda di Google.

C. SEO adalah Teknik dan bisa dipelajari

Kenapa Belajar SEO begitu utama ?, Karna Teknik Belajar SEO yg akan dipelajari bisa meningkatkan kunjungan trafik dari market situs. Bahkan hal ini bisa terjadi berhari-hari atau bahkan juga tiap detik disaat pembaca mencari produk atau info yg begitu mereka butuhkan dari search engine, terutama Google! Pikirkan bila ” keyword ” produk serta layanan itu adalah service atau produk yg Anda tawarkan, apa yg akan terjadi? Ya, benar ; Potensi situs Anda akan di kunjungi, serta terjadinya penjualan dari situs akan begitu sangat besar.Tidak sama dengan Panduan Marketing Online yang lain, SEO lebih menitik beratkan pada kwalitas traffik, di mana sebagai konsentrasi bukanlah pada seberapa besar jumlah kunjungan situs Anda, namun lebih pada kwalitas pengunjung situs, hingga mereka siap beli produk atau layanan yang ditawarkan.

D. SEO digunakan untuk Bisnis Jualan Online

Belakangan ini selain SEO, Marketing Online lewat Sosmed merupakan rival dari SEO, Namun saya berpendapat antara SEO dan Sosmed Marketing mempunyai benang merah yg saling mendukung satu dengan yg lainnya. Menurut pengalaman jualan online yg saya jalani dan lakukan selama ini, untuk memulai bisnis online yg murah dan cepat, sebagai pemula lebih cocok menggunakan sosmed seperti facebook dan instagram, dan pastinya untuk bisa memaksimalkan jualan online disosmed perlu trik untuk berjualan disana, untuk cara berjualan di sosmed bisa dilihat Panduan Internet Marketing.Oke kembali lagi ke SEO Selain dipakai sebagai kebutuhan optimasi situs jual beli online, SEO juga bisa dipakai untuk blogger, untuk portal news, portal kesehatan dan portal lainya yg membutuhkan Manfaat SEO untuk menjalankan dan memanage situsnya. dengan adanya kebutuhan seo cukup tinggi maka tekinfom.com akan mencoba merangkum Teknik, Tips dan step Panduan Lengkap Belajar SEO Google. Selamat Membaca.

Sebelum kita memulai belajar-SEO, hal pertama yg harus anda ketahui adalah “Apa Itu SEO, SEO itu Konsep atau teknik ?”

Referensi Artikel Pengertian SEO :

  1. Apa Itu SEO ? dan Teknik SEO Dasar
  2. Manfaat SEO Bagi Bisnis Online Shop

Metode Optimasi Web/Blog Menggunakan SEM dan SEO

Apa Itu SEM (Search Engine Marketing) ?

Gambaran Mengenai SEM (Search Engine Marketing)

Secara singkat saya akan menjelaskan sekilas gambaran tentang SEM (Search Engine Marketing),  SEM atau Search Engine Marketing merupakan strategi teknik pemasaran dengan menggunakan jasa iklan google, tools yang dipakai untuk menggunakan SEM ini adalah Google Adword. Fungsinya supaya keyword yang kita bidik dapat dengan segera tampil dihalaman 1 google agar kita mendapatkan pembeli atau buyer dengan cepat, tanpa harus menggunakan teknik SEO atau Pencarian Organik. untuk lebih jelasnya mengenai SEM (Search Engine Marketing) Anda bisa masuk ke Panduan IM (Internet Marketing), karna di Panduan IM salah satu pembahasannya adalah SEM (search Engine Marketing).

Artikel Referensi SEM (Search Engine Marketing) :

 

  1. Apa Itu SEM (Search Engine Marketing)
  2. Panduan Belajar Internet Marketing dengan Memaksimalkan SEM

Perlu dicatat bahwa SEM ( Search Engine Marketing ) adalah sebagai pelengkap Teknik SEO untuk Menfokuskan penjualan bisnis online anda supaya bisa lebih maksimal lagi, kalau SEO merupakan Teknik Optimasi Website, Maka SEM merupakan teknik Pemasaran Online yang paling Mujarab dan tertarget serta lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan Teknik SEO saja. Kombinasi penggunaan SEM dan SEO sangat diperlukan apabila anda memang ingin memenangkan kompetisi Penjualan dan pemasaran di internet.

Tabel Kelebihan / Keunggulan Mengggunakan SEM/Non-SEO dan SEO

 

Kelebihan Optimasi Menggunakan SEM dan SEO

Tabel Kekurangan Mengggunakan SEM dan SEO

 

Kekurangan Optimasi Menggunakan Teknik SEM dan SEO

Dari tabel keunggulan serta kekurangan SEM serta SEO diatas bisa kita tarik kesimpulan kalau hasil pencarian SEO yaitu hasil pencarian paling utama serta hasil pencarian SEM yaitu hasil pencarian tambahan atau sementara. Lantaran ada hasil pencarian paling utama ini, jadi Google mendapatkan tambahan income dari sisi penggunaan teknik SEM, karna kita mengeluarkan biaya tambahan berupa pembayaran iklan.

Akan Tetapi bukan berarti hasil pencarian SEM tak mempunyai nilai sekalipun. Bila Anda dapat mengoptimisasi keduanya, SEM serta SEO dengan begitu baik, jadi hal itu semakin lebih baik dibanding hanya memakai satu diantaranya saja. Lantaran satu dengan yang lain sama-sama saling melengkapi.

Catatan : Hasil pencarian SEM umumnya digunakan oleh website situs baru supaya dapat dengan cepat pasarkan produk atau jasanya untuk memperoleh keuntungan, sembari mengoptimisasi website situs itu dengan cara SEO.

SEO Secara umum terbagi menjadi 2 bagian :

Optimalisasi SEO OnPage
 

1. SEO-OnPage – Pada bagian SEO-OnPage lebih banyak menitik beratkan pada arsitektur dan performa website yang kita bangun, mungkin kata tepatnya lebih terhadap themes yang kita pakai pada web / blog kita, Secara Umum untuk OnPage lebih menitik beratkan pada Pada :

Sebelum anda menulis / mengisi blog atau website anda dengan konten yg berkualitas langkah awal yg harus anda lakukan adalah memilih platform yg tepat untuk blog atau portal anda, jangan sampai salah langkah untuk mulai menerapkan teknik SEO di awal kita mambangun SEO, secara konsep dan teknik, SEO terbagi menjadi dua bagian yg pertama SEO-OnPage dan SEO-OffPage, dua bagian ini di ibaratkan 2 sisi mata uang yg berarti Bernilai apabila 2 sisi mata uang tersebut lengkap satu sama lain.
Menurut pengalaman saya sebagai Web Developer, untuk bisa memulai Teknik SEO saya mulai dari Teknik OnPage, pada tahapan ini saya mulai membeli Themes Premium SEO, yang fungsinya adalah membantu setengah dari pekerjaan saya dalam hal membangun Teknik OnPage, jadi kalau anda pemula & mau Belajar SEO tetapi tidak punya basic membuat web, maka tips dari saya yg pertama ini akan sangat membantu pekerjaan SEO anda 50%, oke…, dilanjut…., Akan tetapi kalau memang anda belum punya dana untuk membeli themes premium anda bisa menggunakan alternatif kedua, yaitu menggunakan themes SEO Gratis, nanti saya akan kasih link Free Themes SEO referensi.

Link Download Themes SEO Free (Khusus Themes Blogspot):

Setelah themes di download & di setting sesuai settingannya maka langkah selanjutnya saya akan menjelaskan Beberapa Poin catatan struktur konten yg SEO-Banget hanya di Panduan Belajar SEO:

Beberapa unsur yang harus dimiliki SEO-OnPage :

1. Judul Halaman dan Judul Artikel

Judul halaman dan judul artikel merupakan faktor utama dari SEO-OnPage. hal ini disebabkan karna judul halaman akan tampil di hasil pencaharian google sebagai judul page halaman artikel yang kita buat, hal ini menunjukkan pentingnya judul buat halaman yang kita buat.

2. URL & Canonical url

Url yang SEO friendly akan menambah power dari kekuatan artikel yg kita buat secara SEO, sedangkan url canonical yg berada pada meta berfungsi untuk menghindari duplikasi data internal blog / website.

3. Meta Description

Meta Description yaitu kalimat yg berada di bawah url yg terletak di bawah judul, fungsi dari meta description adalah keterangan singkat mengenai artikel yg kita publish, meta description berkaitan erah dengan judul, url dan kerapatan keyword.
Sebelum masuk ke konten website sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu, dari tiga poin awal diatas sudah bisa di implementasikan dengan blog atau website anda atau tidak.

4. Heading H1, H2, H3, H4

Heading secara SEO berfungsi sebagai penegasan keyword yg kita kembangkan dari keyword yg kita bidik, & heading juga bisa menghasilkan keyword turunan dari keyword yg kita bidik di judul & meta description.

5. Optimasi Konten

Konten sangat penting bagi SEO, karna pada intinya SEO bertujuan untuk memilih konten yg berkualitas, unik, bermanfaat dan menarik, jadi fokuslah saat anda membuat konten pada website anda, pastikan bahwa konten yg anda buat benar-benar anda kuasai, karna kekuatan SEO bertumpuh pada konten yg kita buat, untuk pembuatan konten blog atau website biasanya minimal 500 kata, & keyword yang kita buata harus mengandung keyword yg acuan katanya ada pada judul, meta description & SEO url.
Jika anda tidak bisa membuat konten yang menarik jalan alternatif kedua anda bisa menggunakan “jasa penulis artikel SEO”, caranya tinggal searching di google tentang “jasa penulis artikel”
Untuk komposisi keyword juga jangan terlalu berlebihan hal itu akan berdampak buruk terhadap Artikel SEO yang sudah kita optimasi, google tidak terlalu suka artikel yang over optimasi karna google akan menandakan bahwa artikel tersebut merupakan sebuah spam.

6. Gambar dan Video

Gambar dan Video apakah berdampak pada SEO, jawabannya sudah pasti iya, jika format data tambahan konten anda adalah gambar maka isilah alt + title pada gambar anda, hal ini bisa menambah skor SEO anda. Kemudian jika anda menambahkan data video pada artikel anda, akan membuat waktu baca di halaman page artikel semakin lama dan google sangat suka dengan itu, karna hal tersebut mencerminkan kalau halaman page artikel yang kita buat memang sangat menarik, sehingga bisa membuat pembaca betah & bertahan lama dengan artikel yang kita buat.

7. Link Internal

Sebagian besar SEO pemula beranggapan bahwa eksternal link merupakan faktor penentu dari kualitas backlink yang masuk ke portal kita, faktanya adalah internal link juga sangat disukai oleh google, semakin bagus kita building internal link kita dengan artikel yang satu niche maka akan semakin sedikit kita butuh pengaruh eksternal link untuk membuat portal atau page kita menjadi populer & bisa tampil dihalaman satu google.

8. Tools OnPage Score

Dari semua point yang ada diatas sangat berguna untuk bisa membuat SEO kita benar-benar efektif, tetapi jangan lupa bahwa SEO itu adalah sesuatu yang selalu mengikuti perkembangan jaman, jadi kita perlu tools untuk memantau OnPage kita secara berkala guna meminimalisir error yang terjadi pada sistem website, beberapa tools yang bisa menjadi acuan yaitu siteliner, copyscape, gtmetrik dll.

link Referensi Tools OnPage :

 

 

2. SEO-OffPage – Pada bagian ini kita lebih banyak bermain diluar dari website kita, dengan kata lain SEO-OffPage adalah proses Optimalisasi website / halaman kita di luar dari situs kita, istilah anak Blogger “Backlink” atau tautan balik, akan tetapi secara konsep yg saya tangkap dari SEO-OffPage adalah Sebuah Proses untuk mengenalkan website kita melalui portal lain atau melalui social media. Semakin baik & banyak tautan link yang kita dapat maka akan semakin cepat kita ada dihalaman “Pagewan” / Halaman Utama / Satu Google.

Referensi Artikel SEO Onpage :

  1. Cara Optimasi SEO OnPage Blog atau website

 

SEO-OnPage dan Step – step Belajar Membuat Blog :

 

Step Belajar Optimasi SEO Onpage
1. Panduan Belajar Riset Keyword

“Konsep blog atau portal yang akan dibuat”, yg saya maksud disini pikirkan tentang keyword yg akan dibidik dengan melakukan “Riset Keyword” (untuk lebih detail tentang riset keyword bisa lihat di rangkuman riset keyword yg sudah saya himpun dan olah Baca). Implementasi Belajar SEO dimulai dari riset keyword, tanpa melakukan riset keyword anda tidak akan mempunyai target & akhirnya membuahkan penghasilan maksimal dari google, karna di panduan lengkap belajar SEO google ini, kita akan mulai membangun SEO secara konsep & juga implementasi pengerjaannya mulai dari A sampai dengan Z, & teknik ini merupakan cara yg penulis pakai untuk mulai membuat Blog atau web yg bisa menghasilkan nantinya.

Referensi Artikel :

 

  1. “Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adwords”

Sampai pada saat ini pastikan web/blog yg sedang building akan bisa mencapai tujuan akhir yg maksimal, dengan melalui langkah melakukan riset keyword dengan tools “Google Keyword Planner” anda akan memulai Cara SEO yg benar.

2. Panduan Belajar Membuat Blog/Web

Setelah melakukan riset keyword langkah selanjutnya yg akan dilakukan adalah membuat web/blog, sampai pada proses ini saya menggunakan blogspot sebagai contoh membuat website yg akan kita kerjakan di langkah ini, alasan kenapa saya memilih membuat blog dari blogspot adalah karena blogspot bersifat gratis atau Free. Dan Masih Aada lasan lain kenapa saya memilih blogspot untuk web atau blog saya.

Referensi Artikel :

 

  1. Panduan Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot
  2. Kelebihan Membuat Web/Blog dari Blogspot
  3. Step Cara Membuat Blog Gratis dari Blogspot

3. Panduan Belajar Cara Pilih Themes SEO

Tahukah anda pemilihan themes SEO akan mempengaharui kecepatan pengembangan trafik pada websi / blog anda?, Pemilihan Themes yg baik memang sangat mempengaharui kecepatan perkembangan trafik website beberapa bulan kedepan. karna beberapa algoritma google sekarang ini sudah mulai melihat arsitektur settingan website sebagai faktor rangking google.

Referensi Artikel :

 

  1. Kumpulan Themes SEO Friendly Blogspot Indonesia

 

4. Panduan Belajar Buat Artikel berdasarkan Riset Keyword

Selanjutnya langkah ke 4 dari panduan seo yaitu membuat artikel berkualitas dan unik, secara implementasinya untuk keyword berkualitas & unik itu adalah artikel yang mempunyai keyword terbidik dengan rapih & masuk 7 besar di density keyword tersebut, mempunyai waktu baca yg relatif lama, informasi bisa disajikan berbentuk tulisan image ataupun kalau bisa berbentuk video, artikel tidak copas dalam artian ditulis sendiri. Terapkan poin panduan belajar seo pada poin ini, karna kontent website akan sangat mempengaharui popularitas web / blog kita.

5. Panduan Belajar SEO OnPage

Dalam Poin 5 SEO-OnPage panduan belajar ini kita sudah masuk kedalam skrip website yg lebih dalam lagi, apabila kurang paham dengan pembuatan web atau blog anda bisa tertolong dengan themes SEO yg sudah pilih, tetapi perlu dicatat juga bahwa untuk hasil maksimal anda bisa menggunakan themes SEO Premium untuk hasil yg maksimal, kalau pakai themes FREE juga boleh asal SEO Friendly akan tetapi ada kekurangannya yaitu dari support developernya.

6. Panduan Belajar SEO Menggunakan SEO Tools

Pada Panduan Belajar SEO point 6 ini anda akan dihadapkan dengan penggunaan tools seo untuk memantau, merawat & memaksimalkan SEO-OnPage. Semakin mahir menggunakan tools penunjang seo ini maka akan semakin besar kemungkinan popularitas web / blog anda berada pada halaman satu google.

7. Referensi Themes SEO Gratis dari saya

Pada Poin 7 Panduan Belajar SEO ini saya akan coba mencari themes gratis yg paling baik SEOnya menurut saya, & saya menerapkan sedikit modifikasi didalamnnya sehingga, themes yg anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

 

Belajar Onpage, Belajar Tulis Artikel Adalah Modal Anda :

Kenapa anda harus belajar membuat web/blog yang SEO-OnPage, hal ini dikarenakan Faktor keberhasilan SEO adalah OnPage yg baik, dengan belajar OnPage maka anda akan sudah melakukan optimasi situs hampir sekitar 50%, selanjutnya anda bisa belajar menulis artikel, sebab keberhasilan website tercermin oleh kualitas konten, oleh karna itu mulailah belajar menulis artikel yg baik. buat anda yg tidak mau pusing belajar nulis alternatif lain yaitu menggunakan “jasa penulis artikel“. sampai pada poin ini kita harus banyak belajar untuk bisa membangun blog yg baik.https://www.tekinfom.com/p/themes-blogspot-gratis-dan-premium.html