Apa Itu WordPress ? / CMS WordPress

by didiet

Apa Itu  CMS WordPress / Apa Itu WordPress ?

Setiap orang yang berhubungan dengan web ataupun blog, jelas pernah mendengar WordPress. Tetapi bila kamu awam tentang apa itu wordpress? Postingan ini akan membahas mengenai apa itu WordPress?

Secara normal, CMS ialah aplikasi website yang memperbolehkan owner, penyunting, serta author mengatur web serta mempublikasi konten di internet. Tanpa harus memahami istilah teknis serta bahasa pemrograman. Ini sungguh mempermudah!

WordPress merupakan sistem manajemen konten( CMS). Sangat banyak dipakai dunia. Lebih dari 30% web dilahirkan di WordPress serta persentasenya masih akan selalu bertambah!

WordPress dalam aplikasinya berplatform PHP serta MySQL. Dan, dibantu oleh hampir seluruh penyedia website hosting.

Apa Itu WordPress Serta Keunggulannya?

Keunggulan WordPress yang lain terdapat pada jenis web yang dapat terbuat di program ini. CMS ini membolehkan kita tidak saja membuat web simpel. Lewat wordpress kita bisa membuat suatu web besar serta kompleks. Semacam; web ecommerce, portofolio, newspaper, ataupun website jenis apa pun.

Salah satu keunggulan terbaik dari WordPress, CMS- nya dibantu aplikasi antarmuka yang impulsif serta mudah dipakai. Bila kamu familier dengan Microsoft Word, maka kamu tentu bisa mengaplikasikan WordPress: menghasilkan serta mengeluarkan konten semudah menjentikkan jemari.

WordPress apalagi bisa dibilang CMS no 1 dunia. Dan pada postingan ini, akan di informasikan kelebihan WordPress dibandingkan platform lain. Seperti antara lain; Blogspot, Weebly, Jigsy, serta lainnya.

Kelebihan WP yang dimaksud yakni WordPress.org. Memakai self hosting bukan WordPress. com yang gratisan.

Memanglah lumayan banyak blogger yang memilah Blogspot ataupun WordPress tipe gratis. Dan itu tidak terdapat masalah. Tetapi, bila tujuan kamu bukan saja soal kegiatan blogging, hingga kamu wajib memikirkan memakai layanan self hosting.

Dengan self hosting, terdapat begitu banyak fitur yang bisa diterapkan. Termasuk masalah kustomisasi. ( anda sedang membaca artikel : Apa Itu WordPress ? / apa itu CMS WordPress )

Apa Itu WordPress ? / CMS WordPress : Themes

Apa Itu WordPress ? / CMS WordPress : Themes

WordPress Menawarkan Versi Themes atau Template Amat Banyak

Themes ataupun template sesuatu web salah satu perihal yang sangat penting. Pada saat pengunjung masuk ke laman web Kamu, tanggapan awal yang mereka dapatkan yakni bentuk ataupun layout website. Themes yang sederhana serta istimewa bisa menghasilkan pengunjung terkesan. Serta berpotensi mendatangi web kamu lebih lama.

WordPress menawarkan opsi themes yang tidak terbatas. Kamu bisa memilah themes tipe free. Jumlah pilihannya juga amat banyak. Tetapi, bila kamu mau tampil lebih personal serta profesional themes premium berbayar jawabannya.

Struktur Permalink WordPress SEO Friendly

Yang diartikan dengan bentuk permalink SEO Friendly yaitu; link konten diwebsite mensupport faktor Search Enggine Optimazion. Bagian dari tahap supaya web muncul dalam pencarian di mesin pencari.

Pada WordPress, kamu dapat mensetting bentuk permalink agar sesuai dengan tajuk artikel yang kamu buat. Alhasil, menghasilkan setiap tulisan kita mudah terbaca oleh mesin pencari, dan pastinya ini juga menolong SEO sesuatu web.

Sokongan Fasilitas Plugins

Pada web WordPress, Kamu bisa meningkatkan plugins- plugins khusus. Perihal itu berfungsi dalam menaikkan peranan suatu web. Terdapat amat banyak tipe plugins pada WordPress. Salah satunya yakni plugins SEO yang berguna buat membantu optimasi website di mesin pencari.

Sebagian besar plugin di wordpress tersedia dengan cara gratis. Serta itu sudah lebih layak dalam menopang kamu mendirikan suatu web.

Pemakaian plugin juga amat gampang. Kamu tidak butuh kemampuan spesial. Cuma dengan menginstal plugins ke dalam website WordPress. Dan itu langsung bekerja. Kamu bisa jadi perlu menerapkan sejenis kostumisasi dengan opsi khusus. Dalam hal ini, kamu juga di dukung oleh begitu banyak tutorial. ( anda sedang membaca artikel : Apa Itu WordPress ? / apa itu CMS WordPress )

Kode HTML Pada WordPress Dapat Diubah

Pada WordPress.com kamu tidak bisa mengerjakan kode html yang pernah ada. Tapi untuk WordPress.org ataupun berbayar kamu bisa menggarap kode html di dalamnya. Dalam menerapkan themes WordPress, memanglah butuh sedikit menguasai perihal html– walaupun tidak harus profesional– supaya bentuk web ataupun website yang diciptakan betul- betul sesuai dengan yang diinginkan.

Support Widget WordPress

Ini ialah sarana untuk menyusun materi blok pada sidebar, footer, serta bagian- bagian pada website WordPress. Kamu bisa menambah ataupun menaikkan modul pada sidebar serta menyusun widget sesuai keinginan. Serta pastinya dengan amat gampang. Cukup dengan metode drag and drop.

Link Management Terintegrasi

Pada banyak sekali weblog pasti akan ada link ataupun tautan ke web lain yang dianjurkan. Dengan web WordPress, Kamu dapat memasang serta menyusun link ke web lain dengan gampang.

WordPress Dilengkapi Anti Spam

Spammers adalah salah satu permasalahan yang lumayan kerap mengganggu. Banyak sekali spammers yang mengenakan aplikasi khusus untuk menghasilkan komentar ilegal agar link web mereka berada pada laman komentar.

Saya tidak cukup paham pendapat Anda, tetapi menurut pengalaman komentar spammers amat mengusik. Dan pastinya, pula mempengaruhi kepada SEO.

Untuk mengatasi para spammers ini, wordpress juga sediakan plugins yang memiliki julukan Akismet. Peranan plugins ini yakni menahan semua komentar spam yang terkirim ke dalam web. Metode instal plugins Akismet ini sangat gampang, dan membutuhkan pendaftaran untuk penerapannya.

Bisa Menghasilkan‘ Page’ Dengan Mudah

Tadinya, saya telah cukup berpangalaman dalam mengatur web berplatform blogspot. Dengan cara gratisan. Sejauh membuat blog tersebut, memanglah dapat memodifikasi template. Tetapi tidak kurang berhasil menerapkan tampilan dengan cara ekslusif serta sempurna.

Tetapi, dikala saya mulai membuat suatu web berplatform WordPress, hal itu seperti itu gampang dilakukan. Serta dalam hal ini, WordPress dibantu banyak plugin page builder. Bagus dalam layanan free ataupun berbayar. Dan itu, betul- betul membuat anda yang biasa dengan bahasa pemerograman bisa menghasilkan halaman istimewa dan keren. ( anda sedang membaca artikel : Apa Itu WordPress ? / apa itu CMS WordPress )

WordPress Bisa Memblok Pengunjung Website Dari IP Tertentu

Saya pernah memblok beberapa IP setelah mengejar visitor dari IP tersebut melakukan SPAM melampaui laman komentar.

Inilah kelebihan lain dari WordPress. org, di samping bisa menyokong komentar spam di kotak spam, kamu pula bisa memblok IP spammers agar tidak bisa mengakses web kita dikemudian hari.

Tagging

WordPress juga dilengkapi keringanan tagging. Tujuannya supaya kita dapat memasukkan tag dengan keyword yang berhubungan dengan tulisan yang dibuat. Tag itu pastinya akan menghasilkan web kalian lebih mudah dikenali oleh mesin pelacak, salah satu pendukung faktor SEO pada web.

Kita Bisa Mengetahui Pengunjung Situs

Kamu pasti penasaran mau mengenali dari mana saja pengunjung web Kamu? Memasang google analytics yakni salah satu metode buat memahami informasi perihal visitor web.

Serta untuk melakukan hal itu, Kamu setting akun google analytics serta menggunakan script google analytics ke dalam website / blog WordPress.

Tidak cuma itu, ada beberapa plugins yang bisa menolong untuk melihat asal visitor web. Seperti antara lain;

  • Who’ s Online. Lewat fungsi plugin ini, dapat diamati siapa serta dari mana asal pengunjung web.

Multiple Authors

Ini ialah salah satu fitur WordPress yang sangat saya gemari. Kita bisa meningkatkan editor di web WordPres dengan mudah serta efisien. Dimana kita bisa menaikkan user selaku penulis ataupun kontributor. Tanpa harus takut dengan keamanan web.

Tiap user dengan kapasitas khusus, akan mempunyai keahlian akses dengan tugas berlainan. Bila kamu bagaikan owner web berkavasitas administrator, serta 2 unser lain berkapasitas selaku kontributor ataupun penulis, maka kedua user itu bisa login serta memposting artikel. Tetapi tidak memiliki kontrol atas web.

Tiap user, bisa ditentukan kapasitasnya oleh kamu selaku owner web.

Sangat Gampang Dalam Penggunaannya

WordPress amat cocok untuk tingkat pemula karena pengguna tidak diperlukan seorang yang profesional dalam coding serta script php untuk memaksimalkan CMS WordPress.

Di samping untuk menghasilkan web, WordPress pula bisa dipakai buat membuat sekian banyak tipe web dengan bentuk serta fitur yang menarik, ilustrasinya seperti :

  1. toko online,

  2. web perusahaan,

  3. website profile,

  4. serta lainnya. ( anda sedang membaca artikel : Apa Itu WordPress ? / apa itu CMS WordPress )

Sebenarnya begitu banyak keunggulan WordPress dibandingkan platform beda. Serta setiap saat hadapi update, sebagai tahap penyempurnaan serta membiasakan dengan kemajuan tehnologi.

Begitu postingan mengenai apa itu wordpress serta keunggulannya. Anda tertarik membuat web berplatform WordPress?

Tulis Komentar

Situs Tekinfom.com ini menggunakan cookie, sebagai syarat pedoman website terbaru dan Tombol accept membantu meningkatkan pengalaman Pembaca yang di sudah diterapkan di berbagai negara. Silakkan Tekan tombol Accept. Accept Read More