Apa Itu SEM (Search Engine Marketing), Simak Disini !



Apa Itu SEM (Search Engine Marketing), Simak Disini !

Pengertian Search Engine Marketing

Selasa, 5 April 2016

Saat ini ada beberapa cara untuk melakukan optimisasi website atau produk yang kita jual dengan memanfaatkan tools yang sudah disediakan oleh google, salah satu tools yang paling efektif untuk meningkatkan popularitas website kita, salah satunya adalah dengan memanfaatkan iklan google menggunakan google adwords, alasannya tools ini sangat bisa membantu kita bertemu dengan kostumer yang tertarget dan prospek di bisnis yang kita jalani.

Implementasi SEM (Search Engine Marketing) Pada Google Adwords

SEM (Search Engine Marketing) tidak terbatas dengan hanya menggunakan tools yang di sediakan oleh google, melainkan anda juga bisa mencoba Yahoo Search Marketing, Facebook Ads, Bing, Baidu dll. Dan perlu diingat sebagai catatan SEM sendiri juga masih melibatkan teknik SEO Organik.

Berikut Contoh Hasil dari SEM (Search Engine Marketing) dari search engine google.

Hasil Dari SEM (Search Engine Marketing)

Kalau pada kesempatan sebelumnya saya menjelaskan tentang SEO, saat ini saya menjelaskan mengenai secara singkat gambaran SEM (Search Engine Marketing). Dampak persaingan SEO yang ketat akan memaksa kita berusaha lebih kreatif dan berusaha dengan ekstra untuk meraih pelanggan yang akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan, dan SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu trik untuk mendapatkan target pasar yang terbidik dengan lebih cepat dan lebih luas, kalau kita bicara SEO adalah Trik memaksimalkan penjualan website kita, akan tetapi jalur SEO Organik bersifat lama dan cenderung membutuhkan banyak waktu, maka SEM hadir sebagai pelengkap untuk sebagian anda yang ingin menyegerakan produk atau jasa yang anda tawarkan menyebar di seluruh nusantara bahkan dunia dengan waktu yang sangat cepat, dan keuntungan dengan menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing) akan membuat lankah anda 10 kali lebih cepat dari pada menggunakan SEO Organik.

System Kerja System pembayaran yang diaplikasikan dalam SEM biasanya yaitu PPC (Pay Per Click) atau Pay Per Impression. Untuk PPC yaitu system pembayaran iklan dengan perhitungan berdasar pada banyak Click yang bisa dilakukan oleh custumer yang click ke iklan tersebut. Pay Per Impression system periklanannya lebih pada berapa kali penayangan iklan itu. Manfaat SEM berperan untuk tingkatkan pengunjung serta tentunya akan tingkatkan popularitas, dan keyword yang akan ditargetkan.

Dengan memakai SEM bisa dengan segera membidik ruang pemasaran sesuai dengan tujuan customer yang sesuai dengan product kita. Jadi teknik SEM ini tidak menggunakan sama sekali teknik SEO yang rumit, meskipun tentunya membutuhkan cost yang banyak. Secara singkat SEM yaitu arti yang lebih luas atau diatasnya SEO, di mana maksud SEO untuk tingkatkan ranking serta pengunjung organik, tetapi SEM lebih ke penargetan pemakai Search Engine lewat iklan yang dibayar berbentuk link yang menuju ke situs usaha kita.

Sebagai contoh kita yang memiliki product “Alat Pemadam Api” serta menginginkan memperoleh pengunjung dari orang yang terhubung keyword tersebut lewat search engine, jadi kita dapat mendaftarkan situs kita ke Google Adwords. Sesudah lewat beragam ketetapan serta hingga pada step akhir, jadi iklan kita akan di terima serta ditayang di pencarian yang relevan dengan keyword yang kita maksudkan.

Langkah Optimasi SEM (Search Engine Marketing) :

1. Penentuan Kata kunci (keyword) yang tepat

Penentuan kata kunci (keyword) yang khusus serta pas akan menolong kita untuk memperoleh petunjuk. ketepatan sangat dibutuhkan di sini.

2. Penentuan Teks/Gambar

Penentuan Teks/gambar sangatlah utama, teks/gambar sebaiknya menarik serta menjawab keperluan pengunjung/pembeli. belum lagi jumlah teks di Google Adword sangat Minim. ini akan begitu menantang anda.

3. Bidding Biaya Per Click yang Tepat

Click tertinggi pasti semakin lebih kerap ditampilkan iklannya, tetapi dengan biaya terbatas, kita mesti dapat mengatur kiat bidding yang pas serta efisien.

Semua hal tentang SEM ini satu diantaranya bisa saja oleh Google Adwords. Google Adwords mengakomodasi pemasar untuk membuat campaign SEM, mengoptimalisasi biaya, monitoring dan analisa report campaign.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

Di banding dengan media lain seperti tv, radio, koran & majalah Search engine marketing (SEM) adalah kiat customer acquisition berbayar dengan biaya paling murah. Dengan keuntungan ini membuat banyak perusahaan lakukan kiat SEM dengan cara masif.

Search Engine Marketing Services

Sekarang ini ada 2 pemain besar dalam SEM yakni Google serta Bing. Dengan Google kuasai 90% pasar dunia terkecuali Tiongkok jadi konsentrasi kita yaitu mengerti langkah kerja Google Adwords.

Google Adwords

Google adwords yaitu sistem yang di buat oleh Google untuk memberi service iklan pada beberapa pengiklan. Iklan itu dipertunjukkan di halaman hasil pencarian. System Google Adwords yaitu Pay Per Click (PPC), dengan system ini beberapa pengiklan membayarkan beberapa uang pada Google waktu calon customer Anda mengklik iklan yang tampil. Harga click begitu beragam serta ditetapkan oleh persaingan di kata kunci (keyword) itu. Sebagian bidang industri yang memiliki persaingan terberat yaitu keuangan, asuransi, product retail, travel, pendidikan serta software.

Kenapa Menggunakan Google Adwords

Banyak pengiklan memakai Adwords lantaran murah serta cepat. Hanya satu langkah saja agar bisa tampak di search result halaman 1 google selain yaitu dengan SEM. SEM Berbeda dengan SEO yang memerlukan saat cukup lama agar bisa jadi ranking 1. Walau sudah jadi ranking 1 posisi iklan Google Adwords masihlah lebih tinggi. Keunggulan berikut yang membuat banyak perusahaan memakai Google Adwords.

Selain memiliki uang Anda membutuhkan content atau product yang relevan. Tanpa ada content atau product yang relevan Anda akan tidak diberikan posisi iklan paling baik oleh Google Adwords serta harga per click akan jadi begitu mahal. System ini mempunyai tujuan untuk meyakinkan kwalitas content sesuai sama apa yang dikehendaki oleh beberapa pemakai service pencarian Google.

Product Adwords

  1. Text Ads : System ini akan menghadirkan iklan pada hasil search result pages
  2. Youtube Ads : System ini akan menghadirkan iklan berbentuk vieo atau gambar di youtube
  3. Image Ads : System ini akan menghadirkan gambar iklan di situs (blog) atau situs yang berperan serta dalam program Google Adsense
  4. Retargeting Ads : System ini akan menghadirkan iklan yang sama

Sampai sini saya rasa sudah jelas bahwa kebutuhan akan memanfaatkan tools SEM (Search Engine Marketing), di tujukan untuk keperluan hasil maksimal dan cepat dengan dengan hanya beriklan lewat google, teknik ini cocok digunakan untuk usaha menengah dengan modal yang cukup untuk melakukan teknik ini. sebagai gambaran jika anda ingin melakukan cara ini alangkah lebih baiknya anda bisa belajar internet marketing terlebih dahulu, karna teknik dan cara penyajian kontent serta strategi menggunakan tools SEM (Search Engine Marketing) ini juga membutuhkan pengetahuan lebih untuk bisa memakainya.

Step Pengerjaan SEO Secara Optimal

Dengan anda belajar atau kursus internet marketing anda akan lebih paham tentang bagaimana cara memaksimalkan iklan anda dan menekan biaya iklan seminimal mungkin atau bahkan sampai menemukan target pasar yang sangat sesuai dengan jasa atau produk yang anda tawarkan saat ini dengan biaya yang sangat murah.

Pastikan anda tidak tertinggal dengan kompetitor yang sudah menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing), untuk lebih jelasnya tentang step cara / implementasi tentang SEM (Search Engine Marketing) ini akan berusaha saya bahas pada artikel berikutnya, semoga artikel perkenalan mengenai SEM (Search Engine Marketing) ini bisa membuat anda lebih jauh fokus terhadap perkembangan bisnis anda untuk masa mendatang.

Komentar