4G LTE Advanced Wajib Anda Ketahui !



4G LTE Advanced Wajib Anda Ketahui !

Selasa, 25 Oktober 2016
Komputer & Smartphone

4G LTE Advanced Wajib Anda Ketahui !, Untuk kamu yang telah memakai smartphone berbasiskan Android atau iOS, tentunya sudah tak asing dengan arti konektivitas 4G yang biasanya ada di tiap-tiap smartphone yang anda pakai. 4G LTE sendiri yaitu standard telekomunikasi 4G yang dipakai oleh beberapa besar operator seluler di semua dunia pada sekarang ini.

Walau jaringan 4G LTE barusan popular di kelompok pemakai smartphone Indonesia, tetapi generasi anyar dari 4G yaitu tehnologi 5G telah mulai ramai diperbincangkan umum. Nah, di tengah-tengah ke-2 tehnologi itu, ada tehnologi yang dimaksud 4G LTE Advanced. Tehnologi satu ini miliki tehnologi yang mengagetkan dibanding 4G LTE umum. 

4 Tehnologi Mengagetkan 4G LTE Advanced Di banding 4G LTE Biasa 

4 Tehnologi Mengagetkan 4G LTE Advanced Di banding 4G LTE Biasa

4G LTE Advanced yaitu pengembangan kelanjutan dari tehnologi LTE yang sangat mungkin jaringan mempunyai pencapaian coverage ruang yang semakin besar, stabil serta cepat. Umumnya pengembangan ini dapat diraih salah satunya dengan pemakaian tehnik multiantena (MIMO), serta menambahkan Relay Nodes. Operator di Indonesia yang telah memakai LTE Advanced ini yaitu Smartfren. Berikut tehnologi mengagetkan yang ada pada LTE-A.

1. Carrier Aggregation yang Secara Teori Tawarkan 1Gbps 

Carrier Aggregation yang Secara Teori Tawarkan 1Gbps

Satu diantara kunci LTE Advanced yaitu Carrier Aggregation yaitu tehnologi yang sangat mungkin jaringan 4G jalan di dua frekwensi tidak sama. Keuntungan Carrier Aggregation yaitu kecepatan datanya dapat dilipatgandakan untuk tingkatkan bandwidth hingga tingkatkan bitrate. Tehnologi ini dapat dipakai, baik untuk FDD ataupun TDD. Masalah kecepatan, tehnik ini bisa memberi kecepatan data yang begitu tinggi, secara teori sampai 1Gbps.

  • FDD kependekan dari Frequency Division Duplexing yakni langkah pengantaran data memakai dua buah channel yang berlainan pada transmit serta receive. Cara ini juga yang saat ini digunakan di Indonesia (terkecuali Bolt) serta banyak negara Asia Tenggara dikarenakan mempunyai kelebihan lebih jarang terserang masalah interferensi serta resepsi penerimaan yang baik. 
  • TDD kependekan dari Time Division Duplexing, dimana data diantarkan serta di terima dalam satu channel frekwensi yang sama, cuma dengan pemisahan jeda waktu yang singkat. Kelebihan cara ini yakni kemampuan yang tersedia dapat menjadi semakin besar di banding FDD mengingat pengiriman serta penerimaan data cuma memakai satu channel. Benar-benar sesuai untuk data yang diantar dengan cara asimetris, umpamanya untuk searching Internet, video surveillance atau broadcast. 

2. MIMO yang Menambah serta Mengoptimalkan Sinyal 

MIMO yang Menambah serta Mengoptimalkan Sinyal

Multiple Input Multiple Output (MIMO), system ini termasuk juga sisi dari spatial multiplexing dan sebagai pra-coding serta transmit diversity. Prinsip basic spatial multiplexing yaitu kirim tanda dari dua atau lebih antena yang tidak sama dengan aliran data tidak sama serta dengan pemrosesan tanda. Ini bermakna pada penerima berlangsung sistem memisahkan aliran data, hingga dapat tingkatkan data dengan aspek 2 (konfigurasi 2-by-2 antena) atau aspek 4 (konfigurasi 4-by-4 antena). 

Dalam pra-coding tanda ditransmisikan dari antena tidak sama yang dititikberatkan untuk mengoptimalkan tanda yang di terima di banding noise atau Signal to Noise Ratio (SNR). Transmit diversity mengandalkan untuk mengantar tanda yang sama dari multiple antenna dengan lebih dari satu coding untuk mengeksploitasi peningkatan dari independent fading pada antena.

3. Node Relay yang Tingkatkan Jangkauan Jaringan 

Node Relay yang Tingkatkan Jangkauan Jaringan

Nah, sisi piranti keras yang dibawa tehnologi LTE Advaced yaitu node relay yang meningkatkan kecepatan data serta ketersediaan koneksi LTE, serta tawarkan semakin banyak koneksi. Sederhananya, node relay yaitu stasiun induk bertenaga rendah yang dipakai untuk menambah jangkauan jaringan

4. VoLTE untuk Panggilan Nada yang Super Jernih 

VoLTE untuk Panggilan Nada yang Super Jernih

Satu diantara feature yang di tawarkan 4G LTE Advanced yaitu VoLTE yang disebut service suara (voice) berbasiskan Long Term Evolution (LTE). Sebenarnya, service ini tidak ada bedanya dengan service suara lewat tehnologi 2G/3G. Cuma saja nada yang dibuat VoLTE diklaim lebih berkwalitas serta jernih.

Itu dia tehnologi mengagetkan yang ada pada 4G LTE Advanced dibanding dengan 4G LTE umum. Nah, 4G LTE Advanced ini yaitu jaringan yang betul-betul penuhi spesifikasi 4G, walau pada praktiknya tetaplah bergantung pada penyedia operator tersebut .

Komentar